Timo Tjahjanto, Optimisme Baru Sineas Indonesia di Kancah Internasional

Timo Tjahjanto Optimisme Baru Sineas Indonesia di Kancah Internasional Timo Tjahjanto

Covesia.com - Bagi kamu pecinta film dan rajin memantau daftar film terbaru yang bakal tayang di bioskop, nama Timo Tjahjanto barangkali bukanlah nama yang asing. Ya, Timo Tjahjanto adalah seorang sutradara muda asal Indonesia yang sejumlah karyanya berhasil mendapat sambutan luar biasa, baik di dalam negeri maupun di kancah perfilman internasional.

Situs film terkemuka, Decider.com menyebut Timo Tjahjanto sebagai sutradara paling diminati di film-film bergenre action dan horror melalui artikel ‘May the Devil Take You,’ Timo Tjahjanto Is the Hottest Genre Director on Netflix. 

Situs film lainnya, Bloody-disgusting.com, menyebut Timo Tjahjanto sudah sejajar dengan sutradara ternama Hollywood, Sam Raimi, yang menyutradarai serial horor Evil Dead. 

Luar biasa keren bukan? Tak hanya sampai disitu, kemampuan Timo menterjemahkan skenario menjadi alur cerita dan konsep sinematografi yang memukau dalam film  The Night Comes For Us juga mengundang kekaguman Robert Liefield. Kreator film Deadpool tersebut bahkan menyarankan agar Timo menjadi sutradara film Deadpool 3. 

"Masa depan film-film bergenre action ada di tangan Timo Tjahjanto," sebut Robert Liefield.

Nama Timo jadi perbincangan hangat para kritikus film dunia setelah dua film terakhir yang disutradarainya yakni The Night Comes For Us dan Sebelum Iblis Menjemput atau May The Devil Take You sukses mencuri perhatian penikmat film dunia. Kedua film ini pun telah dirilis di platform streaming terbesar dunia, Netflix.

Sebelum dirilis perdana di Netflix, film May The Devil Take You sudah lebih dulu mendapat pujian di festival-festival film kelas dunia diantaranya L'Etrange Festival Paris, US Fantastic Festival, BFI London Film Festival. Film yang dibintangi Chelsea Islan dan Pevita Pearce ini juga telah diganjar penghargaan sebagai film terbaik dalam kategori Midnight XTreme di SITGES Film Festival of Catalonia 2018.

Karya Timo yang tayang lebih dahulu "The Night Comes For Us" yang dibintangi Joe Taslim dan Iko Uwais dan dirilis pada 19 Oktober 2018 juga sukses mencuri perhatian penikmat film internasional dan tercatat sebagai film original Netflix pertama dari Indonesia.

Selain menggarap menyutradarai film secara tunggal, Timo sebelumnya juga sudah menghasilkan sejumlah karya yang digarap bersama rekannya Kimo Stamboel (Mo Brothers), sahabatnya yang pertama kali bertemu saat studi di School of Visual Arts di Sydney, Australia pada tahun 2012. Garapan Mo Brother, yakni Faces of Fear – Segmen Dara, Rumah Dara, Killers, dan Headshoot.

Selain bersama Kimo Stamboel, Timo tercatat juga pernah menggarap film bersama sutradara The Raid, Gareth Evans.

Sebelum Iblis Menjemput merupakan film panjang pertama yang disutradarai Timo Tjahjanto sendiri tanpa berduet dengan yang lain. Film lainnya yakni The Night Comes For Us.

Dengan sederet prestasi dan pujian dari khalayak internasional tersebut, sudah tentu Timo pantas menjadi kebanggaan Indonesia.

Nah, untuk kamu yang tidak sabar menonton kepiawaian Timo dalam film terbarunya, nih ada bocoran kalau karya Timo akan menghiasi layar kaca Indonesia pada 12 Desember 2018 mendatang. Film produksi Bukalapak Picture dan dibintangi oleh artis papan atas Indonesia Dian Sastrowardoyo tersebut berjudul After.11 - What Comes After Will Shock You.

Penasaran? Yuk tunggu jadwal tayangnya sambil terus berusaha untuk jadi inspirasi Indonesia berikutnya.


(sea)

Berita Terkait

Baca Juga