Terapi 'Cuci Otak' Dokter Terawan, ini Bocoran Harganya

Terapi Cuci Otak Dokter Terawan ini Bocoran Harganya Dokter Terawan dan Khrisna Murti

Covesia.com - Pada April 2018 lalu, Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SpRad sempat mencuri perhatian dunia medis Tanah Air berkat terapi “cuci otak” yang diklaim mampu mengobati stroke. 

Terapi 'cuci otak' oleh Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad dengan menggunakan alat Digital Substraction Angiography (DSA) akan dilakukan kepada 1.000 warga negara Vietnam. Sebelumnya pun, banyak masyarakat Indonesia, baik dari kalangan pejabat hingga masyarakat biasa yang menikmati terapi ini.

Baca juga: Dokter Terawan Bakal 'Cuci Otak' 1.000 Warga Vietnam

Bagi yang penasaran, dr Terawan menyebut biaya terapi 'cuci otak' tidaklah mahal. Berapa ya kira-kira?

"Sebenarnya untuk DSA-nya sendiri cuma 23 juta atau 25 juta (rupiah), sekitar itu," ungkapnya saat ditemui di Rumah Sakit Kepresidenan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, dikutip Covesia.com dari laman Detik.com Selasa (13/11/2018).

Namun menurutnya, biaya yang membengkak justru dikarenakan biaya pemeriksaan-pemeriksaan lainnya. Seperti pemeriksaan yang berkaitan dengan penyakit lain.

"Tetapi yang jadi permasalahan adalah pemeriksaan lain, penunjang, dokter-dokter lain yang memeriksa, kaitan dengan penyakit-penyakit lain, itulah yang membuat membengkak. Sebenarnya DSA sendiri murah," ujarnya.

Sampai saat ini, dr Terawan pun tidak membedakan biaya terapi DSA pada masyarakat Indonesia dan warga negara asing. Menurutnya, semua orang harus diperlakukan sama dalam hal pelayanan maupun biaya.

Sebelumnya, banyak orang yang telah melakukan dan disembuhkan oleh terapi DSA ini. Sebut saja beberapa nama besar seperti Aburizal Bakrie, Prabowo, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

(dtc/sea)

Berita Terkait

Baca Juga