10 Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan

10 Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan Ilustrasi

Covesia.com - Indonesia pada akhir tahun seringkali di dera hujan dari pagi hingga malam hari. Mau tidak mau kita harus tetap melaksanakan rutinitas meskipun hujan tak kunjung reda. 

Biasanya perubahan musim dari kemarau ke musim hujan membuat kebanyakan tubuh rentan terhadap gangguan penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips menjaga kesehatan saat musim hujan:

1. Perbanyak konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat berfungsi sebagai antioksidan dan  meningkatkan daya tahan tubuh. Makanya saat musim hujan Anda  selayaknya memperbanyak konsumsi vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi lebih baik jika Anda memerolehnya dari sumber yang alami. Seperti Jeruk, Kiwi, dan Buah-buahan lain yang berwrna cerah. Supaya tidak bosan makan buat secara utuh, bisa ibuat dengan bermacam variasi jus, dessert dan smoothie dan lain sebaginya.

2. Jaga Asupan Makanan

Selain mengkonsumsi vitamin C, kamu harus menjaga asupan makan sehat, terutama saat musim penghujan. Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

3. Konsumsi Minuman Hangat

Selain makanan kamu juga harus memperhatian minuman yang akan kemu konsumsi. Saat musim penghujan usahakan minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti jahe, atau teh.

4. Kurangi Mengkonsumsi Gorengan

Karna cuaca dingin kebanyakan orang berpendapat makan goregan adalah hal yang menyenangkan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak, karena makanan  penuh dengan minyak sehingga dapat berpengaruh langsung ke tenggorokan atau bisa menyebabkan Anda mudah terserang flu.

5. Perhatikan Kualitas Tidur

Kualitas tidur  sangat penting dalam menjaga kesehatan, apalagi saat musim hujan. Waktu tidur pada anak usia prasekolah usia 3-5 tahun membutuhkan tidur 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun membutuhkan tidur 9-11 jam. Lalu, remaja usia 14-17 tahun butuh 8-10 jam. Usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam. Sedangkan usia dewasa 26-64 tahun membutuhkan tidur 7-9 jam. Lalu yang lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam. Nah, jadi usahakan terpenuhi kualitas tidur kamu supaya tetap sehat dan bugar meskipun musim hujan.

6. Sedia payung sebelum hujan

Jangan pernah melupakan payung atau jas hujan supaya tidak kehujanan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, kamu tidak akan tahu  cuaca sore hari. Bisa jadi kamu terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

7. Jaga kebersihan lingkungan

Musim hujan  rawan sekali dengan adanya  penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat. Kamu harus menjaga perkarangan rumah supaya sampah tidak menumpuk dan membawa penyakit.

8. Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga berperan mempengaruhi kesehatan tubuh kita di musim hujan. Usahakan memakai Sweater atau cardigan tebal dan hangat. Tujuannya supaya suhu tubuh tidak dingin. Hindari memakai baju tipis apalagi beraktivitas di luar ruangan.

9. Jangan Lupa Olahraga

Yang satu ini jangan sampai ketinggalan, ya, Olah raga. Olahraga merupakan cara sederhana dan mudah tapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih. Dalam buku Guyton dan Hall, sel darah putih berfungsi menyediakan pertahan yang cepat dan kuat terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan. Tak harus dilakukan di luar ruangan, olah raga bisa juga dilakukan dalam ruangan.

10. Kelola Stres

Musim hujan juga mempengaruhi seseorang sehingga stres. Misalnya karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun. Stres akan berdampak secara fisiologis. Seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres. Dalam buku Psikolog karya Carole Wade dan Carole Tavris, salah satu cara mengelola stres dengan menenangkan diri dengan relaksasi.

Nah itu 10 tips yang mungkin bisa membuat kamu tetap sehat meskipun sedang musim hujan. Selamat mempraktikkan.

Laila/lif

Berita Terkait

Baca Juga