Cegah Kelelahan dengan 4 Tips Sederhana ini

Cegah Kelelahan dengan 4 Tips Sederhana ini ilustrasi

Covesia.com - Kelelahan (fatigue) adalah suatu kondisi dimana berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja yang disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan biasa terjadi setelah latihan fisik atau saat memiliki mental yang berat.

Berikut tips sederhana yang dapat dicoba untuk mencegah kelelahan dirangkum covesia.com dari berbagai sumber:

1. Menghindari minuman tertentu

- Minuman keras

Batasi konsumsi minuman keras agar anda mendapatkan istirahat yang berkualitas. Mengonsumsi anggur dalam jumlah terbatas memang dapat membuat anda mudah tertidur. Namun keesokan harinya anda justru akan merasa kelelahan

- Kafein

Kafein dalam kopi, minuman bersoda, maupun teh yang dikonsumsi 3-6 jam sebelum tidur dapat membuat anda sulit tidur dan berpeluang bangun secara mendadak di tengah malam. Berhenti mengonsumsi kafein secara bertahap adalah cara terbaik untuk tetap berenergi sepanjang hari.

Anda mungkin justru akan merasa lemas dan sakit kepala saat tidak mengonsumsi kafein. Kondisi ini hanya bersifat sementara.

2. Kelola jam tidur

Cukup istirahat adalah kunci untuk terus berenergi saat beraktivitas sepanjang hari. Cobalah untuk bangun dan tidur di jam yang sama tiap hari, sehingga tubuh memiliki jam biologis yang terjadwal.

3. Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan membuat tubuh kelelahan karena beban yang ditampung terasa tidak normal. Olahraga yang dipadukan dengan pola makan sehat menjadi cara efektif untuk mengurangi berat badan. Berat tubuh ideal akan membuat Anda lebih bertenaga.

4. Mengelola stres

Stres bisa menghabiskan banyak energi dan membuat anda merasa lemas. Ambil waktu untuk melakukan aktivitas yang menenangkan dan menyenangkan bagi anda seperti mendengarkan musik, membaca, atau mengobrol dengan teman-teman. Jika anda merasa kesulitan menangani stres sendirian, berkonsultasilah kepada teman, kerabat, atau mungkin kepada psikolog.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga