Lakukan ini Agar Mata Tidak Bengkak Saat Bangun Tidur

Lakukan ini Agar Mata Tidak Bengkak Saat Bangun Tidur ilustrasi

Covesia.com - Pernahkah anda menemukan area sekitar mata anda membengkak saat bangun tidur? Meski telah mandi dan mencuci muka, mata tetap saja bengkak dan terasa sangat pegal.

Hal itu, tentu saja bisa mengganggu aktifitas anda karena diperlukan kondisi tubuh yang segar untuk menopang berbagai kegiatan seharian penuh.

Jadi, apa sih penyebab bengkaknya mata saat bangun tidur? Berikut ulasan covesia, seperti dilansir dari laman doktersehat.

Ada banyak sekali penyebab mata membengkak saat bangun tidur. Posisi tidur yang kurang ideal bisa menjadi penyebab utamanya. Posisi kepala yang kurang tinggi dibandingkan dengan leher atau badan dapat membuat cairan terkumpul di area mata sehingga menyebabkan bengkak tersebut.

Jadi, gunakanlah bantal yang nyaman, sehingga cairan tersebut pun akan secara alami turun dari bagian mata.

Kurangnya waktu untuk tidur juga bisa menjadi penyebab bengkaknya area mata. Mata bisa mengalami peradangan dan pembuluh darah di bawah area mata akan membengkak.

Konsumsi alkohol sebelum tidur ternyata bisa menjadi penyebab utama mengapa mata bisa membengkak. Alkohol sendiri bisa membuat cairan tubuh berkurang termasuk diantaranya adalah cairan di sekitar mata yang tentu saja bisa memicu pembengkakan.

Jika mata anda terlanjur membengkak dan anda ingin berpenampilan maksimal, jangan ragu untuk mengkompres area mata dengan handuk yang dibasahi air dingin selama beberapa menit.

Tambahan irisan timun juga dapat membuat pembuluh darah di sekitar mata semakin mengecil dan mengurangi pembengkakan. Saat dikompres, area tulang di sekitar mata juga ditekan dengan ringan sehingga sirkulasi cairan dan darah pun menjadi lebih lancar.

Untuk mencegah mata bengkak ini terulang kembali. Pastikan tidur anda pun cukup dan gunakan bantal yang nyaman sehingga kondisi kepala dan mata pun akan beristirahat secara maksimal dan akan segar di pagi hari.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga