Bernostalgia Yuk, Jajanan ini Populer di Zaman SD

Bernostalgia Yuk Jajanan ini Populer di Zaman SD ilustrasi

Covesia.com - Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling tidak terlupakan, tidak hanya kenangan saat bersama teman, sahabat, keluarga, tapi juga jajanan khas sekolah yang tentu membuat anda rindu akan masa kecil.

Nah, apakah anda generasi 90-an? Jika iya, tentu anda masih ingat dengan jajanan khas 90-an. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah jajanan khas saat sekolah dasar (SD) dulu.

Kerupuk mie

Bagi kamu yang berdomisili Sumatera Barat pasti tidak asing lagi sama jajanan satu ini. Di beberapa tempat objek wisata jajanan Kerupuk mie kuah sate ini selalu ada. Namun, tahukah kamu ini adalah jajanan yang sudah legend lho.

Ketika SD dulu jajanan ini sudah ada dengan harga Rp. 200 saja. Kerupuk mie kuah sate merupakan kombinasi dari kerupuk ubi yang sudah digoreng ditambahkan kuah sate lalu pada tahap akhir ditaburi mie goreng.

Pensi

Merupakan jajanan yang digandrungi tak hanya anak SD melainkan juga orang dewasa. Pensi adalah karang berukuran kecil yang hidup di Danau Maninjau. Biasanya diolah dengan bumbu pedas dan asin.

Es Potong

Merupakan es batang yang ditusuk dengan lidi. Es ini juga menjadi favorit anak sekolah, karena sepotong es dengan bermacam rasa  dihargai Rp 500,- saja. Bisa dicelup ke dalam lumeran cokelat.

Biasanya yang menyicip es ini tidak cukup satu karena bikin nagih.

Es Mambo

Minuman dingin dan beku yang disajikan dalam sebuah plastik kecil. Orang Jawa menyebut es ini dengan sebutan “es kucir”. Sebutan tersebut mengacu kepada ujung plastik es ini yang diikat alias dikucir.

Dengan perkembangan zaman  Es mambo sudah bisa kita nikmati dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa yoghurt, tape singkong, buah, sirup, nanas, strawberry, rujak, coklat, susu, ketan hitam, kacang merah, durian, dan masih banyak lagi.

Es Gabus

Bila kamu termasuk generasi 90-an pasti ingat dengan es yang disajikan warna-warni yang teksturnya unik ini. Rasanya yang tidak terlalu manis, dan menggunakan pewarna makanan alami membuatnya sangat aman untuk dikonsumsi.

Es Gabus dibungkus dengan plastik terang dengan ukuran persegi.  Waktu dulu harganya hanya Rp. 500 saja.

Telur Gulung

Jajanan ini kembali hits di kalangan anak muda karena rasanya yang enak apalagi bila ditambah saus. Harganya yang Rp. 1000 /tusuk tentunya bersahabat dengan kantong. Jajanan sewaktu sekolah ini bisa didapati di tempat wisata di Sumatra Barat.

Bakso Tusuk

Bakso yang biasanya terbuat dari daging sapi dan tepung terigu ditambah kuah kacang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa SD pada zamannya. Namun jajanan itu masih laris sampai sekarang.

Harganya yang terjangkau, bisa menunda lapar dan enak tentunya memiliki tempat di hati penikmatnya. Jajanan ini masih bisa ditemui di beberapa tempat selain di sekolahan yakninya di tempat pariwisata seperti tepi pantai.

Magang: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga