Deddy Corbuzier Alami Tulang Bahu Lepas, ini Penyebabnya

Deddy Corbuzier Alami Tulang Bahu Lepas ini Penyebabnya Deddy Corbuzier

Covesia.com - Beberapa hari lalu, Deddy Corbuzier mengalami cedera serius setelah olahraga di gym dan melakukan bela diri. Deddy bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami tulang bahu lepas.

Hal itu diceritakannya lewat unggahan di Instagram resmi miliknya. Dalam unggahan foto tersebut, terlihat berbaring di ranjang rumah sakit sambil ditemani seseorang yang tampak seperti tenaga medis. Tampak pula bahu kirinya sedang mendapat penanganan serius.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya dia mengalami hal seperti itu. Dalam unggahannya tersebut dia juga memperlihatkan hasil rontgen dari dokter.

"Lepas lagi shoulder (bahu) dari bonggolnya. Bukan yang pertama kali, mungkin sudah 10 kali. Hanya saja kali ini tulangnya terkunci di belikat. Copot dan terkunci," tulis Deddy dalam akun Instagram-nya, Senin (8/10/2018).

Saat hendak ditangani oleh dokter, Deddy mengatakan bahwa dia menolak untuk dibius. Meski nyeri yang dirasakan sangat menyakitkan, Deddy tetap menahan rasa sakit tersebut.

Bagaimana tulang bahu bisa lepas?

Menurut Mayo Clinic dikutip covesia.com dari laman klikdokter, bahu yang terlepas biasanya disebut dengan dislokasi bahu. Ini adalah cedera ketika tulang bahu anda keluar dari soket atau "rumah-rumahan" berbentuk cangkir yang merupakan bagian dari tulang belikat anda. Bahu adalah sendi paling bergerak di tubuh, yang membuatnya rentan terhadap dislokasi.

Sebagian besar orang bisa pulih dalam beberapa minggu setelah perawatan intensif. Akan tetapi, setelah bahu anda terlepas dari bonggolnya, sendi anda mungkin menjadi tidak stabil sehingga rentan mengalami kekambuhan.

Selain bahu lepas dari soketnya, gejala-gejala lain dari dislokasi bahu adalah bengkak atau memar, rasa nyeri yang hebat, dan ketidakmampuan menggerakkan tangan.

Selain itu, dislokasi bahu juga dapat menyebabkan mati rasa, terasa lemah atau kesemutan di dekat bagian yang cedera, seperti di leher atau di lengan anda. Otot-otot di bahu anda juga mungkin terasa sakit.

Mereka yang berisiko mengalami dislokasi bahu adalah pria remaja atau usia 20-an dan orang yang aktif secara fisik.

Komplikasi yang bisa terjadi akibat dislokasi bahu adalah robeknya otot, ligamen, dan tendon yang memperkuat sendi bahu anda. Selain itu, dapat juga terjadi kerusakan saraf atau pembuluh darah di sekitar sendi bahu, serta ketidakstabilan bahu (terutama jika anda mengalami dislokasi parah atau dislokasi berulang yang membuat anda rentan terkena cedera kembali).

Jika ligamen robek, tendon dan saraf di bahu rusak, dan pembuluh darah di sekitar sendi bahu terganggu, anda mungkin perlu pembedahan untuk memperbaiki jaringan-jaringan yang ada di sekitar bahu.

Untuk mencegah dislokasi bahu, berhati-hatilah dalam bergerak agar tidak jatuh. Kenakan alat pelindung saat melakukan olahraga yang melibatkan kontak fisik, serta olahraga rutin untuk menjaga kekuatan dan fleksibilitas sendi dan otot bahu.

Apa yang dialami Deddy Corbuzier memang bisa terjadi jika anda menjalani program olahraga berat yang fokus menggunakan tangan. Jika anda mulai merasakan sakit yang hebat dan khawatir mengalami gejala tulang bahu lepas, segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

(sea)


Berita Terkait

Baca Juga