Rendam Daging Ayam di Air Garam Bisa Turunkan Kolesterol, Mitos atau Fakta?

Rendam Daging Ayam di Air Garam Bisa Turunkan Kolesterol Mitos atau Fakta ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Sebuah tips kesehatan menurunkan kolesterol sedang viral di media sosial. Dalam tips ini, kita diminta untuk merendam daging ayam mentah yang akan kita konsumsi di dalam air garam terlebih dahulu sebelum dimasak.

Tak hanya membuat ayam memiliki rasa yang lebih nikmat, trik ini disebut-sebut bisa membuat daging ayam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh saat dinikmati.

Setelah direndam di air garam, maka daging ayam yang biasanya mudah lengket di panci tidak akan mengalami hal tersebut. Selain itu, keberadaan air garam juga mampu menghilangkan kuman dan bakteri yang sebelumnya menempel pada daging.

Dengan mengonsumsi daging ayam yang sebelumnya telah direndam di dalam air garam, maka kita bisa membuat pencernaan menjadi lebih sehat sekaligus membantu proses detoksifikasi zat beracun di dalam tubuh.

Lantas, bagaimana bisa trik ini membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh? Dijelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar niacin pada daging ayam setelah direndam di dalam air garam.

Proses perendaman juga tidak sulit, yakni hanya tinggal memasukkan daging ayam ke dalam air garam dan kemudian menyimpannya ke dalam lemari es selama 30 menit. Jika kita ingin memasaknya, kita tinggal mengangkat daging ayam dari wadah air garam, mengelapnya dengan tisu dapur, dan kemudian tinggal memasaknya.

Dikutip covesia.com dari laman doktersehat, pakar kesehatan dr. Adrian Setiaji menyebutkan bahwa informasi ini termasuk dalam hoaks yang tidak sesuai dengan fakta kesehatan.

Menurut dr. Adrian, belum ada penelitian satu pun yang membuktikan bahwa air garam mampu menurunkan kolesterol. Hanya saja, besar kemungkinan trik merendam daging ayam ke dalam air garam ini dilakukan untuk membuat tekstur daging menjadi lebih lunak.

Menurut dr. Adrian, jika kita tidak ingin mengalami kolesterol tinggi, akan jauh lebih baik untuk memisahkan kulit dari daging ayam sebelum memasaknya karena bagian ini memiliki kandungan kolesterol paling banyak.

Selain itu, jika kita ingin mengonsumsi daging ayam di tempat makan, lebih baik tidak memakan bagian kulitnya.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga