4 Teknik Kedokteran yang Dianggap Paling Aneh Dalam Sejarah

4 Teknik Kedokteran yang Dianggap Paling Aneh Dalam Sejarah ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Teknologi kedokteran kian maju seiring berkembangnya zaman. Namun, perjalanan menuju kedokteran modern tidak selalu berjalan mulus; malah penuh lika-liku, eror, sekaligus brutal.

Dimulai dengan praktik konvensional yang kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis di masa lampau, hingga akhirnya ditemukan ilmu pengetahuan medis, dan kini teknik pengobatan medis semakin canggih serta tepercaya.

Pada masa lampau, ilmu yang belum mapan dan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal yang belum teruji secara klinis memunculkan ide-ide medis yang di luar nalar. Bahkan, bisa dikatakan horor.

Berikut adalah 4 teknik kedokteran yang dianggap paling aneh dalam sejarah, dikutip covesia.com dari laman klikdokter:

Meniupkan asap tembakau ke lubang anus

Pada akhir 1700-an, tembakau mulai berdatangan di pantai-pantai Inggris dari Amerika. Bersamaan dengan itu muncul gagasan bahwa, ketika dimasukkan ke lubang anus, asap tembakau dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dikenal dengan istilah tobacco smoke enema, pengobatan ini dulu dianggap baik untuk menghangatkan pasien dari dalam dan merangsang respirasi. Salah satu catatan tahun 1746 dalam makalah yang diterbitkan dalam The Lancet, menjelaskan bahwa pengobatan ini berhasil menyelamatkan nyawa seseorang dari kematian.

Segera setelah kabar pengobatan ini beredar, orang-orang menggunakan cara tobacco smoke enema untuk mengobati segala sesuatu, mulai dari sakit kepala, kram perut, tifus, dan kolera. Namun pada awal 1800-an, tembakau terbukti menyebabkan kerusakan pada jantung dan tren pengobatan ini mulai menurun.

Memotong gigi bayi untuk menghindari kematian

Di masa lalu, tingkat kematian bayi termasuk tinggi hingga membuat orang tua khawatir. Anak-anak meninggal dunia antara 6 bulan hingga 2 tahun, yang kebetulan merupakan periode gigi pertama tumbuh. Oleh karena itu, teknik kedokteran menerapkan metode yang aneh, yaitu mencabut gigi bayi demi menghindari kematian.

Para dokter saat itu berpikir bahwa proses tumbuh gigi memicu kematian pada bayi. Di Inggris dan Wales pada tahun 1839, misalnya, lebih dari 5.000 kematian disebabkan oleh tumbuh gigi. Namun bukannya menghasilkan solusi, teknik memotong gigi ini malah menciptakan infeksi yang juga berdampak pada kematian.

Sampai sekarang, belum diketahui berapa banyak anak meninggal akibat infeksi dari mengikuti prosedur tersebut.

Urine sebagai pemutih gigi

Masa Romawi Kuno menyimpan cerita yang unik seputar urine. Cairan tersebut menjadi komoditas yang sangat populer sehingga orang mengumpulkannya untuk keperluan seperti produksi mesiu bahkan obat melembutkan kulit.

Anehnya lagi, metode tersebut juga diterapkan untuk memutihkan gigi. Padahal jika urine tersebut mengandung bakteri, ia dapat menjadi racun saat tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

Bukan hanya orang Romawi Kuno yang menggunakan metode pemutihan gigi ini, namun daerah lainnya juga. Nyatanya, metode ini juga dipertanyakan oleh kalangan medis karena tampak tidak ampuh.

Heroin dijadikan obat batuk

Batuk amat menjengkelkan bagi siapa saja yang mengalaminya. Karena itu, para ilmuwan merancang berbagai ramuan selama berabad-abad untuk mengusir mereka. Cara-cara yang diciptakan kerap tidak lazim dan di luar nalar.

Salah satu ramuan yang pernah dipasarkan perusahaan Jerman, bahkan mengandung bahan yang sangat kuat: heroin. Dimasukkannya zat adiktif ini bertujuan untuk menggantikan opium, yang saat itu telah menjadi obat penyalahgunaan yang populer.

Pada tahun 1924, Food Drug Administration (FDA) melarang heroin dijual, diimpor, dan diproduksi dalam benuk apa pun. Di sinilah tren heroin sebagai obat sehari-hari mulai menurun.

Empat teknik kedokteran di atas memang terbilang aneh dan di luar nalar. Tapi menengok ke belakang sebenarnya penting, untuk mengingatkan bahwa manusia telah melewati banyak hal untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Meskipun cara tersebut pada akhirnya membuat dahi berkerut. Jadi, manakah metode yang menurut anda paling aneh?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga