10 Buah ini Baik Dikonsumsi Saat Hamil Muda

10 Buah ini Baik Dikonsumsi Saat Hamil Muda ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Banyak pakar kesehatan menyarankan pada ibu hamil untuk memberikan asupan yang baik untuk dirinya dan janin yang sedang dikandungnya. Salah satu asupan yang baik itu adalah memperbanyak asupan buah terutama untuk ibu hamil muda.

Mengapa buah penting bagi ibu hamil dan janin?

Asupan yang bergizi sangat penting bagi ibu hamil dan janin. Asupan bergizi menjadi sangat penting karena memengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Apabila ibu hamil tidak mengonsumsi makanan bergizi, maka bayinya akan mengalami perubahan permanen dalam fisiologi dan metabolisme dalam rahim.

Buah adalah salah satu jenis asupan yang mengandung nutrisi penting dan memiliki peran penting untuk mewujudkan kehamilan yang sehat. Mengonsumsi buah akan menjamin Anda untuk mendapatkan asupan nutrisi yang sangat penting yakni vitamin, mineral, dan serat. Zat gizi tersebut sangat diperlukan tubuh selama masa hamil.

Dari sekian banyak buah yang ada di dunia, terdapat beberapa buah yang sangat baik bagi ibu hamil muda. Beberapa buah untuk ibu hamil muda tersebut memiliki masing-masing manfaat yang berbeda. Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah agar mendapatkan berbagai manfaat.

Berikut ini adalah buah yang bagus untuk ibu hamil muda, di antaranya dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

1. Pisang

Buah yang baik untuk ibu hamil yang pertama adalah pisang. Pisang adalah salah satu jenis buah untuk ibu hamil muda. Hal ini dikarenakan, buah pisang mengandung banyak potasium. Potasium merupakan salah satu mineral penting.

Manfaat Pisang bagi ibu hamil: Potasium memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit dalam tubuh Anda. Inilah sebabnya pisang dapat mengatasi kram dan kelelahan.

2. Apel

Apel adalah buah yang bagus untuk ibu hamil muda karena kandungannya kaya vitamin C, A, E, D, serat dan seng. Buah apel ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi juga kaya manfaat.

Manfaat Apel bagi ibu hamil: Berbagai kandungan zat gizi yang ada di dalam buah apel membuat buah ini juga memiliki banyak manfaat. Buah apel bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin.

Selain itu, buah apel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko asma dan eksim. Manfaat lain dari buah apel bagi ibu hamil muda adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem percernaan agar tetap baik.

3. Jeruk

Buah jeruk juga termasuk ke dalam jenis buah yang bagus untuk ibu hamil dan janin. Buah jeruk mengandung banyak vitamin C, folat, dan juga air.

Manfaat Jeruk bagi ibu hamil: Kandungan air di dalam jeruk mencegah ibu hamil dari dehidrasi. Sementara kandungan folat di dalam jeruk bermanfaat untuk mencegah janin dari kecacatan otak dan saraf tulang belakang.

Kandungan vitamin C nya bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

4. Alpukat

Buah alpukat juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Alpukat mengandung banyak zat gizi seperti vitamin C, B, K, serat, kolin, folat, magnesium, dan kalium. Bahkan alpukat memiliki kandungan folat yang sangat tinggi.

Manfaat Alpukat bagi ibu hamil: Kandungan kalium dan magnesium di dalam alpukat bermanfaat untuk membantu meredakan mual. Selain itu, manfaat alpukat bagi ibu hamil juga bisa untuk menghilangkan kram kaki, menjaga perkembangan otak dan saraf pada bayi, dan menjaga ibu hamil jauh dari penyakit jantung.

5. Mangga

Buah mangga adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Kedua zat gizi tersebut menjadikan mangga buah yang bagus untuk ibu hamil. Pada umumnya, rasa buah mangga manis sehingga bisa menjadi alternatif bila Anda ingin mengonsumsi makanan manis.

Manfaat Mangga bagi ibu hamil: Kandungan vitamin C bermanfaat untuk mengatur pencernaan, mengurangi sembelit, dan membebaskan Anda dari infeksi ringan. Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah penyakit seperti diare dan infeksi pernapasan.

6. Semangka

Sama seperti buah jeruk, buah semangka juga memiliki kandungan air yang cukup banyak. Selain itu, buah semangka juga sarat akan vitamin, magnesium, dan potasium.

Manfaat Semangka bagi ibu hamil: Kandungan air yang melimpah di dalam buah semangkan bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu hamil muda tetap terhidrasi. Manfaat buah semangka juga bisa untuk mengurangi kram otot yang biasa terjadi saat trimester akhir.

7. Anggur

Anggur adalah buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung magnesium, folat, dan beberapa vitamin.

Manfaat Anggur bagi ibu hamil: Buah anggur memiliki manfaat untuk mengurangi kram selama kehamilan melalui kandungan magnesiumnya. Kandungan zat gizi lainnya yang ada pada buah anggur memberikan efek positif pada pencernaan dan metabolisme ibu hamil muda.

8. Pepaya

Pepaya yang sudah matang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Pepaya matang kaya akan vitamin E, C serta sumber serat yang baik dan mengandung asam folat. Sedangkan pepaya mentah diyakini tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi pada rahim. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi buah ini.

Manfaat Pepaya bagi ibu hamil: buah ini bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan sembelit serta nyeri ulu hati.

9. Nanas

Hingga kini masih banyak masyarakat yang memercayai bahwa nanas adalah buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

Nanas sendiri mengandung bromelain yang pada jumlah banyak dipercaya dapat menyebabkan perdarahan, namun bromelain dalam satu sajian nanas, kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Manfaat Nanas bagi ibu hamil: Buah ini banyak mengandung vitamin C, magnesium, vitamin B6, asam folat, zat besi dan beragam nutrisi lain yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Meski demikian, tidak dianjurkan mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

10. Apel

Serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan yang menjadikan apel buah yang bagus untuk ibu hamil.

Manfaat Apel bagi ibu hamil: Risiko asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang mengonsumsi apel secara teratur pada saat hamil.

Nah, itulah beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi. Selamat mencoba.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga