Ajaib, 9 Penyakit ini Bisa Bikin Pengidapnya Punya Kekuatan Super

Ajaib 9 Penyakit ini Bisa Bikin Pengidapnya Punya Kekuatan Super ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Siapa sih yang ingin sakit? Semua orang tentu saja menginginkan dirinya untuk terus sehat. Flu sedikit saja bisa bikin hari-hari jadi tidak nyaman. Bahkan, seseorang yang sakit bisa saja mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk dapat sehat kembali. 

Tapi, apa jadinya jika sebuah penyakit malah memberi 'kekuatan' superhero pada orang yang mengidapnya? Lalu, apa aja ya penyakit luar biasa yang bisa memunculkan kekuatan superhero yang kelihatannya mustahil itu?

Berikut covesia.com mengulasnya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hyperthymesia

Hyperthymesia merupakan penyakit langka yang membuat penderitanya tidak bisa lupa. Pengidapnya akan mengingat apapun yang dilihatnya bahkan dengan detailnya. Hal ini kerap membuat pengidap Hyperthymesia merasakan sakit kepala yang tidak tertahankan.

Rebecca Sharrock, salah satu pengidap hyperthymesia, dapat mengingat dirinya dibalut selimut berwarna merah muda ketika ia berusia tujuh hari. Penyakit langka ini hanya diderita 60 orang di seluruh dunia.

2. Congenital analgesia

Congenital analgesia adalah penyakit yang sangat unik yang membauat pengidapnya kebal akan rasa sakit. Bahkan ketika mengalami luka parah pun pengidap congenital analgesia tidak bisa merasakan sakit.

Penyakit ini memang terdengar mmembuat pengidapnya seperti X-Men, namun ternyata penyakit ini bisa sangat membahayakan karena membuat pengidapnya tidak merasa sakit pada luka yang parah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan kematian.

3. Savant syndrome

Savant Syndrome membuat pengidapnya dapat melakukan berbagai hal dengan mahir. Savant Syndrome biasanya ditemukan pada orang-orang yang memiliki disabilitas mental seperti autisme atau arperger.

Penyakit langka ini memang terkesan memberikan kekuatan super bagi pengidapnya, namun pengidap Savant Syndrome akan terus mengalami penurunan mental jika tidak dirawat.

4. Tidak merasa dingin

Tidak bisa merasakan dingin atau cold insensitivity merupakan penyakit unik yang membuat tubuh pengidapnya tidak peka dan tidak bisa merasakan sensasi dingin sama sekali. Win Hof adalah salah satu orang yang didiagnosa mengidap Cold Insensitivity. Ia bisa berenang di danau dengan suhu yang sangat rendah tanpa memakai baju dan tidak merasakan dingin sama sekali.

5. Urbact-wiethe Disease

Urbact-wiethe Disease merupakan penyakit langka yang membuat pengidapnya tidak bisa merasa takut. Urbact-wiethe Disease seakan memberi kekuatan super bagi pengidapnya, padahal rasa takut juga diperlukan sebagai perlindungan diri.

Selain tidak memiliki rasa takut, pengidap Urbact-wiethe Disease juga tidak bisa mengenali bahaya. Hanya ada 300 orang di dunia yang didiagnosa mengidap penyakit langka ini.

6. Hypohidrotic Ectodermal Dysplasia

Hypohidrotic ectodermal dysplasia dikenal juga dengan penyakit vampir. Penyebab penyakit hypohidrotic ectodermal dysplasia adalah akibat adanya mutasi pada gen EDA, EDAR dan gen EDARADD.

Mutasi yang terjadi ini mencegah interaksi normal antara ektoderm dan mesoderm sehingga mengganggu perkembangan normal dari rambut, kelenjar keringat dan gigi. Akibatnya, penderita hypohidrotic ectodermal dysplasia akan mengalami perkembangan abnormal dalam struktur kulit, rambut, kuku, gigi dan kelenjar keringat itu sendiri.

7. Stone man syndrome

Stone man syndrome adalah kelainan genetik yang mengubah jaringan lunak ke dalam tulang dari waktu ke waktu. Pada penderita stone man syndrome ini ditemukan gen ACVR1 pada tulang, otot, ligamen, dan tendon yang berfungsi mengatur pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh dan mengubah tulang rawan menjadi tulang yang dibutuhkan anak-anak untuk berkembang.

Mutasi gen ini mengakibatkan pengerasan tulang yang terjadi selama seumur hidup. Penyakit ini termasuk yang sangat langka karena hanya satu dari 12 juta orang yang menderita stone man syndrome. Sampai saat ini pun belum ada obat untuk stone man syndrome.

8. Werewolf Syndrome

Werewolf syndrome merupakan kelainan pada pertumbuhan rambut yang mengakibatkan rambut tumbuh secara abnormal hingga menutupi seluruh tubuh bahkan hingga wajah. Werewolf syndrome bisa disebabkan oleh gen bawaan maupun gen dari luar.

Beberapa orang yang menderita penyakit langka ini menyangka bahwa ini adalah efek samping dari pengobatan anti-botak. Padahal, hypertrichosis disebabkan oleh salah satu dari beberapa mutasi genetik. Pengobatan tradisional mulai dari waxing, hair removal, hingga laser dianggap mampu mengatasi penyakit langka ini.

9. Foreign Accent Syndrome

Foreign Accent Syndrome merupakan kelainan langka yang menyebabkan penderitanya tidak terkendali saat berbicara bahasa asing. Bahkan jika seseorang tersebut belum pernah mengunjungi daerah asal bahasa asing itu sebelumnya.

Penyakit langka ini umunya disebabkan oleh stroke atau cedera otak lainnya. Penderita Foreign Accent Syndrome tidak hanya mengubah nada suara tetapi juga penempatan lidah ketika berbicara.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga