Pensiun, Jack Ma akan Umumkan Penggantinya Minggu Depan

Pensiun Jack Ma akan Umumkan Penggantinya Minggu Depan Jack Ma (mirror)

Covesia.com - Bos besar Alibaba Group Holding, Jack Ma, akan mengumumkan penggantinya pada Senin mendatang.

Ma adalah guru bahasa Inggris sebelum mendirikan Alibaba pada 1999 dan membangunnya menjadi sebuah raksasa internet bernilai miliaran dolar AS.

Pendapatannya sendiri mencuat seiringi dengan tumbuhnya perusahaan tersebut, yang memiliki nilai 420,8 miliar dolar AS (sekitar Rp6,3 kuadriliun) berdasarkan harga saham di penutupan perdagangan pada Jumat.

Ma mengatakan kepada New York Times, bahwa dia berencana pensiun dari perusahaan, merujuk kepada pengunduran dirinya sebagai “awal sebuah era” daripada sebuah akhir.

Setelah ditolak oleh pemodal usaha AS pada 1999, Ma membujuk teman-temannya untuk meminjamkan 60.000 dolar AS (sekitar Rp989,4 juta) untuk memulai sebuah perusahaan e-commerce yang disebut Alibaba

Jack Ma saat ini masih menjabat sebagai kepala eksekutif di Alibaba. Koran South China Morning Post menyebutkan, pengumuman ini bertepatan dengan ulang tahunnya ke-54.

Ma mendirikan Alibaba pada 1999, dia turun dari jabatannya sebagai pimpinan eksekutif pada 2013. Ma mengumumkan akan pensiun karena ingin fokus mengurus kegiatan filantropi yang berkaitan dengan pendidikan.

Ma mengurusi sejumlah proyek amal dalam bidang pendidikan dan lingkungan. Di China, dia menjadi tokoh yang sangat terkenal di industri internet, begitu juga di kultur pop.

Meskipun pensiun, analis dan pelaku industri menilai Jack Ma tetap akan terlibat dalam dunia e-commerce. 

Pendiri The Emerging Markets Internet, Kevin Carter menilai sebelum ini, Ma juga mundur dari jabatannya sebagai CEO sekitar lima tahun lalu, dia juga menginginkan generasi yang lebih muda untuk memimpin perusahaannya.

(Ant/sea)

Berita Terkait

Baca Juga