5 Tips Awet Muda untuk Pria

5 Tips Awet Muda untuk Pria ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Proses penuaan dapat dicetuskan oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi stres, polusi, rokok, pola makan yang tidak sehat, serta paparan sinar matahari. Meski proses penuaan tak bisa dihentikan, tapi ini bisa diperlambat.

Meski demikian, untuk mendapatkan penampilan awet muda, seorang pria tidak hanya memerlukan pemakaian produk perawatan, namun lebih dari itu. Pria juga dituntut untuk selalu menjaga kebugaran tubuh demi

Tips awet muda untuk pria

Dikutip covesia.com dari laman klikdokter, berikut di bawah ini adalah beberapa langkah untuk mendapatkan penampilan awet muda bagi para pria.

- Gunakan tabir surya

Sinar UV dari matahari dapat mempercepat proses penuaan dengan memecah kolagen dan memperlambat pertumbuhan sel baru. Hal ini menyebabkan kulit jadi lebih tipis dan kehilangan kekencangan serta elastisitasnya. Dan pria memang sering malas memakai produk perawatan kulit ini.

Pertahanan terbaik adalah tabir surya atau pelembab dengan SPF 15 atau lebih tinggi yang dapat melindungi kulit wajah terhadap sinar UVA dan UVB. Ditambahkan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, penggunaan tabir surya dengan kekuatan minimal SPF 30 direkomendasikan jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan secara rutin baik sebelum beraktivitas.

Selain memberikan efek kulit yang lebih lembut, penggunaan tabir surya dapat mencegah risiko kanker kulit. Faktanya, pria mengalami risiko kanker kulit dua sampai tiga kali lebih umum dibanding wanita.

- Pilih pakaian sesuai bentuk tubuh

Pakailah pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh anda. Hindari menggunakan pakaian yang kebesaran ala penyanyi hiphop atau dad jeans. Celana jeans tersebut memiliki bagian pinggang yang tinggi, dan biasa dikenakan pria tua yang merasa mereka tak lagi keren.

Tidak perlu menyulap penampilan anda hingga semuda generasi milenial. Meski demikian pakailah pakaian ukuran yang pas bisa membuat anda tampak lebih bugar, tinggi, ramping, dan tentunya lebih muda!

- Kurangi konsumsi gula

Gula berkontribusi pada munculnya keriput dan kekeringan pada wajah, serta menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan jerawat. Hindari soft drink, aneka permen, dan terlalu banyak mengonsumsi dessert.

Anda juga harus waspada terhadap kandungan gula berlebih yang kerap bersembunyi dalam makanan seperti jus, protein bar, sereal, dan yoghurt.

“Makanan yang mengandung vitamin C dan E merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Minumlah air putih 8 gelas tiap harinya untuk mencegah kekurangan cairan tubuh yang bisa membuat kulit tampak kering,” dr. Reza menyarankan.

- Maksimalkan malam hari untuk istirahat

Pertama-tama, batasilah asupan alkohol setelah jam kerja dan/atau saat akhir pekan. Batasi juga jam keluar malam bersama teman-teman hingga larut, misalnya sekali dalam seminggu.

Sering begadang dan minum alkohol akan berdampak negatif terhadap kesehatan anda. Tidur malam yang cukup akan menghindarkan anda dari kondisi badan lemas dan sakit kepala yang biasanya muncul karena kurang tidur.

- Rajin berolahraga dan peregangan tubuh

Saat menginjak usia 40 tahun, otot menjadi kurang lentur dan gerak tubuh tak lagi semudah dulu. Anda akan kehilangan kekuatan sel otot, sehingga membuka jalan bagi penyakit yang berkaitan dengan usia.

Rutinitas peregangan yang sederhana dapat membuat tubuh bergerak cukup untuk mengurangi cedera dan mulai membangun kembali sel yang mati demi memperlambat penuaan.

Seiring bertambahnya usia, penuaan kulit wajah memang tak bisa dihentikan, tapi bisa diperlambat. Pria pun bisa memiliki kondisi awet muda. Lakukan perawatan yang disebutkan di atas. Pria yang merawat wajah sah saja, bahkan direkomendasikan.

Pilih produk perawatan anti-aging yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika tak yakin, lebih baik kunjungi dokter kulit. Dukung dengan pola hidup sehat seperti makanan bernutrisi, rutin olahraga, kelola stress dengan baik, istirahat cukup serta jauhi alkohol dan rokok

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga