10 Gejala Hamil Anggur yang Perlu Diwaspadai

10 Gejala Hamil Anggur yang Perlu Diwaspadai ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Hamil anggur adalah kondisi yang mengakibatkan tumbuhnya kista di jaringan rahim selama proses pembuahan. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan mola hidatidosa.

Kondisi ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kehamilan parsial (sebagian) dan lengkap. Hamil anggur parsial terjadi ketika embrio dan sel abnormal tumbuh bersamaan. Hal ini mengakibatkan janin tidak dapat berkembang karena pertumbuhan sel abnormal lebih cepat.

Sementara hamil anggur lengkap adalah kondisi saat rahim hanya memiliki plasenta tetapi tidak ada janin yang terbentuk. Hal ini terjadi ketika sperma membuahi sel telur yang kosong. Lantas, apa saja ciri-ciri hamil anggur?

Ciri-ciri hamil anggur

Jika anda mengalami hamil anggur, tubuh akan menunjukkan berbagai tanda dan gejala yang harus segera diperiksakan ke dokter seperti dikutip covesia.com:

1. Nyeri panggul

Wanita yang mengalami hamil anggur akan merasakan tekanan berlebih di panggul. Kondisi ini biasanya menyebabkan rasa nyeri yang cukup mengganggu.

2. Mual dan muntah

Meskipun mual dan muntah umum terjadi pada ibu hamil, pada orang yang hamil anggur kondisi ini menyerang lebih parah dari biasanya.

3. Perdarahan

Anda akan mengalami perdarahan vagina yang berwarna cokelat hingga merah terang selama trimester pertama. Biasanya disertai dengan kumpulan benjolan seperti buah anggur yang keluar dari vagina.

4. Preeklampsia dini

Preeklampsia atau tekanan darah tinggi tanpa adanya riwayat hipertensi biasanya terjadi di minggu ke-20 kehamilan. Namun, orang yang mengalami hamil anggur justru mengalaminya di minggu-minggu awal kehamilan.

5. Peningkatan kadar hCG

Ciri lainnya yang menandakan seseorang mengalami hamil anggur ialah kadar hCG yang meningkat lebih tinggi dibanding wanita hamil normal. Hormon hcG adalah hormon yang dibuat oleh plasenta selama kehamilan.

6. Tidak ada tanda kehidupan pada janin

Biasanya hal ini ditandai dengan tidak adanya gerakan atau detak jantung yang terdeteksi seperti pada kehamilan pada umumnya. Dalam beberapa kasus, ini bisa jadi ciri-ciri hamil anggur yang pertama kali disadari oleh calon ibu.

7. Pertumbuhan rahim abnormal

Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan uterus (rahim) yang terlalu cepat di awal kehamilan. Akibatnya, rahim mengalami peningkatan ukuran tidak normal, tidak sesuai dengan usia kehamilan. Maka, perut wanita yang hamil anggur bisa saja terlihat lebih besar dari perut ibu hamil seusianya.

8. Hipertiroidisme

Kondisi ini terjadi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif dan menghasilkan hormon tiroksin secara berlebihan. Hal ini mengakibatkan berbagai gangguan metabolisme pada tubuh.

9. Munculnya kista ovarium

Pada hamil anggur, plasenta berkembang menjadi kista yang berkembang secara tidak normal. Kista ini berbentuk kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium.

10. Anemia

Anemia dapat menjadi ciri-ciri hamil anggur yang perlu diwaspadai dan terjadi biasanya akibat seseorang kekurangan sel darah merah sehat.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga