5 Tanda-tanda "Hamil Kebo" yang Perlu Anda Ketahui

5 Tandatanda Hamil Kebo yang Perlu Anda Ketahui

Covesia.com - Apakah anda pernah dengar istilah "hamil  kebo"? Istilah "hamil kebo" adalah julukan buat ibu hamil yang masa kehamilannya berjalan tanpa gangguan atau hambatan sama sekali.

Saat hamil, si Ibu tidak merasakan perubahan berarti pada fisik maupun emosionalnya kecuali perut yang semakin membesar. Justru kamu harus bersyukur kalau mengalami hamil kebo karena kehamilanmu berjalan asyik, tidak merepotkan diri sendiri maupun orang-orang di sekitarmu. Seru juga ya kalau hamil tidak merasakan kendala yang memusingkan.

Hamil tanpa repot

Tapi jangan salah, justru beberapa ibu hamil yang merasakan "hamil kebo" ini kadang merasa iri dengan masa-masa kehamilan kebanyakan ibu hamil. Karena "hamil kebo" ini tidak merasakan yang namanya ngidam ini-itu, rasa mual pun jarang mereka rasakan, keadaan psikologis dan emosionalnya pun cenderung lebih stabil.

Jadi, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan kecuali perubahan fisiknya.

Kalau kamu hamil kebo jangan sedih dulu. Justru kamu akan merasakan kenikmatan sebagai ibu hamil yang bisa makan apa saja seperti biasanya.

Nggak bakalan ada pilah pilih makanan dan syarat ini itu kayak ibu hamil-ibu hamil lainnya. Tapi ingat juga ya, biar bisa makan apa aja kamu harus tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi untuk calon anakmu.

Hamil tidak selalu mual

Stereotip kalau hamil pasti mual ternyata tidak sepenuhnya benar. Pada masa kehamilan, hormon pada diri ibu hamil akan berubah.

Bukan hal aneh kalau banyak perubahan pada ibu hamil, apalagi kondisi psikologisnya juga berbeda. Selama hamil peningkatan hormon estrogen dan progesterone pun meningkat. Selain itu, ada satu hormon lagi yang meningkat, yaitu HCG (Human Chorionic Gonadothropin).

Nah, HCG inilah yang paling berperan timbulkan rasa mual pada ibu hamil. Hormon ini hanya dimiliki oleh ibu hamil dan semakin tinggi kandungan hormon ini, rasa mual akan semakin terasa juga.

Karena perubahan hormon tiap ibu hamil berbeda-beda, maka sangat wajar kalau ada ibu hamil yang tidak merasakan mual berlebihan.

Dan tak bisa dicap kalau ibu hamil itu pastu mual-mual dan ngidam. Jadi, jangan percaya lagi ya kalau ada yang bilang janin lebih sehat kalau ibu hamil mual.

Berikut beberapa tanda tanda hamil kebo sedang terjadi pada ibu hamil yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini, dikutip covesia.com dari berbagai sumber.

1. Tidak mengalami morning sickness

Mual dan muntah merupakan salah satu tanda yang muncul pada ibu hamil secara normal. Keadaan mual dan muntah ini sering kali disebut sebagai morning sickness. Bagi ibu hamil yang mengalami kehamilan kebo, mual dan muntah ini sejatinya akan lebih jarang dirasakan bahkan tidak muncul sama sekali.

2. Ibu hamil suka berpergian

Tanda tanda hamil kebo lainnya yang dapat ditunjukan oleh ibu hamil adalah kondisi dimana keinginannya untuk sering berpergian sangat tinggi. Ibu hamil yang mengalami kehamilan kebo seringkali merasa bosan ketika harus berada dirumah setiap harinya.

Meskipun ibu hamil kebo sering dan suka berpergian, dirinya tidak akan merasa mudah lelah maupun lemas dibandingkan dengan ibu hamil pada umumnya.

3. Sangat suka makan dan tidak pilih pilih makanan

Ibu hamil pada usia kehamilan trisemester pertama lebih sering merasa mual dan muntah ketika mengkonsumsi makanan dan pastinya hanya akan memakan makanan yang disukai oleh dirinya.

Pada ibu hamil kebo, kondisi ini tidak akan terjadi sehingga ia akan sangat suka makan bahkan bisa mengkonsumsi makanan jenis apapun tanpa merasakan mual dan muntah. Meskipun kondisi ibu hamil kebo yang tidak kehilangan nafsu makannya bahkan meningkat bukan merupakan ciri kehamilan sehat pada trimester pertama, kondisi kehamilannya masih bisa dikatakan normal.

4. Lebih suka tidur dan malas melakukan aktivitas

Kondisi lainnya yang juga menjadi pertanda kehamilan kebo adalah keadaan dimana ibu hamil lebih suka tidur dan malas melakukan aktivitas. Kondisi ibu hamil yang lebih suka tidur ini dapat ditunjukan dengan kemudahanya untuk segera tidur dimanapun didukung dengan kemalasannya untuk beranjak dari tempat tidur.

Kondisi ibu hamil kebo ini sangat berbanding terbalik dengan keadaan pada ibu hamil biasa yang lebih susah untuk tidur.

5. Tidak merasakan ngidam yang aneh 

Ibu hamil pada umumnya seringkali merasakan keinginan untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu atau menginginkan sebuah hal yang harus segera didapatkan. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah ngidam.

Kondisi ngidam ini akan berbeda beda pada setiap ibu hamil. Sebagai tanda ibu hamil kebo yang berbeda dengan kehamilan normal lainnya adalah keadaan dimana ibu hamil sama sekali tidak merasakan ngidam terutama benda, makanan, ataupun minuman yang aneh aneh.

Tanda hamil kebo yang diuraikan pada penjalasan tersebut akan ditunjukan sejak awal kehamilan sampai dengan menjelang proses persalinan pada akhir masa kehamilan. Kondisi hamil kebo ini hanya dapat terjadi pada beberapa ibu hamil dan merupakan keadaan yang bisa jadi normal dan bisa jadi membahayakan kesehatan ibu hamil maupun proses perkembangan janin tergantung penyebab hamil kebo dan juga berdasarkan hasil diagnosis dokter kandungan maupun bidan melalui observasi yang lebih lengkap.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga