Nur Wijaya Kusuma Jadi Mahasiswa Termuda di UGM

Nur Wijaya Kusuma Jadi Mahasiswa Termuda di UGM Nur Wijaya Kusuma

Covesia.com - Nur Wijaya Kusuma baru saja didaulat menjadi mahasiswa termuda Universitas Gajah Mada (UGM). Nur Wijaya diketahui berasal dari Surakarta. Ia lahir pada 18 Mei 2003, yang artinya saat ini ia masih berusia 15 tahun, 3 bulan, 6 hari. Nur Wijaya diterima di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik UGM.

Semenjak menjadi mahasiswa termuda UGM, namanya pun langsung viral. Banyak orang penasaran dengan sosoknya. Nur Wijaya mengaku bahwa ia tidak punya resep khusus untuk menjadi mahasiswa termuda.

Nur Wijaya Kusuma mengawali pendidikannya dengan masuk di Paud Ciptananda, Surakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 16 Surakarta.

Lulus dari SD, mahasiswa yang hobi bermain game ini masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Surakarta.

Nur Wijaya pun melanjutkan studinya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Surakarta. Selama menempuh pendidikan dari SD hingga SMA, cowok yang memakai kacamata ini mengikuti program percepatan. Ia menjalani pendidikan SD selama 5 tahun, SMP 2 tahun, dan SMA 2 tahun.

"Waktu di Paud ada guru yang bercerita kalau bisa lulus muda atau cepat itu enak, dikejar-kejar di awal, selanjutnya lebih santai. Ya, saya terus termotivasi untuk bisa cepat lulus dengan ikut akselerasi," kata Nur Wijaya.

Nur Wijaya mengaku bahwa, setelah lulus SMA ia sempat bingung menentukan pilihan masuk ke universitas. Ayahnya, Sapta Kusuma Brata menyarankan agar Nur Wijaya Kusuma kuliah di UGM.

"Bapak menyarankan UGM agar mengikuti Bapak dulu. Kan dulu Bapak kuliah di UGM, jurusan teknik nuklir," ujar Nur Wijaya.

Meski untuk urusan universitas mendapat saran dari ayahnya, Nur Wijaya tetap punya pilihan sendiri dalam menentukan jurusannya.

Nur Wijaya pun memilih teknik elektro karena listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan.

"Zaman sekarang apa-apa butuh listrik, jadi cari kerja besoknya lebih gampang," katanya.

Nur Wijaya Kusuma saat ini telah diterima di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM).

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga