Wabup 50 Kota Tegaskan Pemberian Imunisasi Rubella ke Anak Ditangguhkan

Wabup 50 Kota Tegaskan Pemberian Imunisasi Rubella ke Anak Ditangguhkan Foto: istimewa

Covesia.com - Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan "meradang" usai mengetahui ada seorang siswi SD Negeri 01 Situjuah Ladang Loweh, Vega (13) terjangkit virus Herpes usai mendapatkan Imunisasi Measles Rubella (MR). 

Dia meminta Pemerintah Daerah Limapuluh Kota untuk menangguhkan imunisasi MR sampai status halal dikeluarkan oleh MUI. 

"Tadi siang saya dapat informasinya dan langsung melihat kondisi Vega ke Rumah Sakit Suliki. Ini bukti Pemkab Limapuluh Kota tidak teliti sebelum bertindak. Padahal sebelumnya sudah saya peringati," kata Ferizal usai keluar dari Ruangan Vega, Selasa (7/8/2018).

Dia mengaku sebelum adanya kejadian tersebut, sudah menginstruksikan Sekdakab Limapuluh Kota untuk mengevaluasi program rubella ini. 

Bahkan menekankan Kadis Kesehatan agar tidak melakukan imunisasi sebelum semuanya jelas dan aman.

Sampai hari ini, laporan terkait imunisasi rubella telah memakan korban 5 siswa. Namun yang terparah adalah Vega yang terkena virus Herpes. 

"Yang terparah Vega ini, sedangkan empat lainnya hanya muntah-muntah, pusing dan pingsan. Itu di sekolah daerah Taeh, Kecamatan Payakumbuh dan Lareh Sago Halaban," katanya.

Ketua MUI Kabupaten Limapuluh Kota, Safrijon Azwar mengungkapkan sebelumnya sudah melayangkan surat ke Bupati, agar imunisasi ditangguhkan sebelum kandungan vaksin rubella dinyatakan halal oleh LPPOM MUI Pusat.

"Bahkan kami mengimbau bagi siswa muslim untuk tidak diimunisasi,"  katanya 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino mengatakan Vega terkena virus Herpes dan tidak ada hubungannya dengan imunisasi Rubella.

"Siswi itu terkena virus Herpes dan tidak ada hubungannya dengan imunisasi Rubella. Seandainya memang benar efek rubella, akan berimbas ke seluruh tubuh. Tetapi ini hanya herpes yang menyerang syaraf di dekat mata kanannya," kata Tien.

Kontributor Limapuluh Kota :  Hajrafiv Satya Nugraha 

Baca juga: Usai Imunisasi Rubella, Siswi di 50 Kota Terjangkit Virus Herpes

Baca Juga: Disdik Limapuluh Kota Hentikan Imunisasi Rubella

Berita Terkait

Baca Juga