Ingin Peluk Bintang Pop di Panggung, Perempuan Arab Ini Terancam Dua Tahun Bui

Ingin Peluk Bintang Pop di Panggung Perempuan Arab Ini Terancam Dua Tahun Bui Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Seorang perempuan menghadapi dakwaan di bawah undang-undang (UU) baru tentang pelecehan di Arab Saudi setelah perempuan itu naik ke panggung karena ingin memeluk seorang bintang pop, menurut otoritas dan media setempat pada Minggu (15/07).

Perempuan tersebut dapat menghadapi hukuman penjara dua tahun dan denda sampai 100.000 riyal Saudi (sekitar Rp384 juta), ungkap pengacara Abdulkarim al-Qadi kepada situs berita Okaz.

Perempuan itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengenakan jubah panjang dan cadar ketika dia naik ke panggung untuk memeluk penyanyi Irak Majid al-Muhandis, yang lagu-lagu bertema cintanya terkenal di negara Teluk itu.

Pernyataan polisi menyebutkan bahwa perempuan itu telah ditangkap pada Jumat malam, atas “aksi kejahatan sesuai dengan undang-undang antipelecehan .”

Media yang berhubungan dekat dengan pemerintah Saudi mengatakan bahwa perempuan itu sedang menghadiri konser Muhandis di Kota Taif di provinsi Mekkah barat daya Saudi ketika teman-temannya menantangnya untuk memeluk bintang itu.

Pada Mei, Arab Saudi meratifikasi undang-undang pelecehan baru saat kerajaan itu bersiap mencabut larangan lama terhadap perempuan yang mengemudi. Larangan itu berakhir pada 24 Juni.

Undang-undang tentang pelecehan itu secara luas dipandang sebagai langkah untuk melindungi perempuan yang mengemudi. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga