Seberapa Banyak Porsi Makan Anak Balita Dalam Sehari?

Seberapa Banyak Porsi Makan Anak Balita Dalam Sehari Ilustrasi

Covesia.com - Beberapa orangtua khawatir anaknya yang masih balita belum mendapatkan makan yang cukup. Ada juga yang takut anaknya kebanyakan makan sehingga porsi makannya dibatasi. Padahal, pemberian makan untuk anak balita itu tidak bisa sembarangan.

Dilansir hellosehat.com, porsinya harus sesuai kebutuhan selama masa pertumbuhan. Memahami ukuran porsi makan anak balita sangat penting untuk membantu memastikan bahwa anak Anda memang mendapatkan jumlah makanan yang tepat. Lantas, seperti apa porsi makan anak balita dan kapan saja anak harus makan? Simak uraiannya di bawah ini.

Kapan saja waktu makan anak balita?

Anak balita biasanya menyukai waktu makan sesuai dengan waktu makan keluarga, dan waktu makannya harus teratur setiap hari. Sebaiknya, jadwal makan keluarga diatur jadi 3 kali makan utama (sarapan, makan siang, dan makan malam) beserta 2 kali makan selingan.

Untuk makanan utama:

Makanan ini diberikan di pagi, siang, dan malam hari. Contohnya sarapan pukul 7 pagi, makan siang pukul 12, dan makan malam pukul 18.30. Jadwal ini sebaiknya dilakukan secara terencana dan teratur. Sebab kebiasaan makan sejak balita akan membentuk kebiasaan makannya hingga dewasa nanti. Selain itu, berikan waktu makan anak juga setidaknya tidak lebih dari 30 menit.

Untuk makanan selingan:

Sama pentingnya dengan makan utama, camilan juga sangat penting untuk bantu memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi yang dibutuhkan dalam sehari.

Berikan camilan 2 jam sebelum makanan utama. Sebab, jika terlalu dekat dikhawatirkan anak akan merasa kenyang sebelum makan berat berikutnya.

Camilan bukanlah hadiah atau umpan untuk membujuk anak, melainkan jadwal makanan yang memang harus dipenuhi.

Sesuai dengan pola gizi seimbang, makanan selingan yang dibutuhkan balita misalnya susu, jus buah, buah segar, dan roti.

Porsi makan anak balita

Pada usia balita, anjuran jumlah energi yang dibutuhkan berbeda-beda pada setiap anak. Mulai dari 1.125 kalori hingga 1.600 kalori. Jika dilihat dari kebutuhan kalori terbesar, begini contoh pembagian porsi makan anak balita yang ideal:

Makanan pokok

  • Makan nasi puti

Anda bisa memberikan anak nasi dalam sehari sebanyak 300 gram atau sekitar 3-4 centong nasi (berarti satu centong setiap kali makan berat). Tidak hanya dengan nasi, Anda juga bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat yang lain. Nasi 3-4 centong mengandung 525 kalori – setara dengan 210 gram roti atau 630 gram kentang.

Dari total makanan pokok dalam sehari ini, Anda bisa membagi-bagi jumlah ini di saat makanan utama maupun selingan.

Misalnya, makan nasi di waktu makan pagi 80 gram, siang 100 gram, dan malam 100 gram. Camilan sorenya bisa dengan selembar roti tawar lembar dengan margarin dan meises secukupnya.

  • Lauk hewani

Lauk hewani yang dianjurkan khususnya bagi anak yang sudah 3 tahun ke atas sebanyak 125 gram dalam sehari dan 200 mililiter susu dalam sehari. Lauk hewani ini bisa didapatkan dari ikan, daging sapi, daging ayam, telur, udang, dan lain-lain.

Contohnya saat makan pagi anak makan sebutir telur. Sekitar 2 jam kemudian minum secangkir susu, dilanjutkan makan siang dengan sepotong daging ukuran sedang, makan malam dengan sepotong ayam (sekitar 40 gram), dan sebelum tidur minum secangkir susu.

  • Lauk nabati

Lauk nabati yang dibutuhkan sekitar 100 gram dalam sehari. Lauk nabati bisa didapatkan dari tempe, tahu, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya.

Contohnya makan siang lauk hewani ditambah sepotong tempe, camilan sore dengan bubur kacang hijau sekitar 1,5 sendok makan (15 gram), dan makan malam ditambah dengan sepotong tahu ukuran besar.

  • Sayur dan buah

Anak balita membutuhkan sebanyak 100 gram sayur dan 400 gram buah dalam sehari.

Sayur bisa Anda berikan pada setiap makan berat, dari pagi, siang, hingga malam. Seratus gram sayur ini setara dengan semangkuk penuh sayuran yang biasa dimakan orang dewasa. Dari semangkuk penuh sayuran itu bisa Anda bagi 3 waktu makan untuk balita.

Misalnya ¼ mangkuk sayur bayam untuk pagi hari, ½ mangkuk sayur brokoli saat makan siang, dan ¼ mangkuk sayur buncis di malam hari.

Untuk buah, dibutuhkan sekitar 400 gram buah pepaya (2 potong besar) dalam sehari. Selain dengan pepaya, Anda bisa menggantinya dengan yang setara seperti 2 potong besar buah melon, atau 2 buah pisang ambon, atau 1,5 buah mangga dalam sehari. Buah ini bisa Anda berikan sebagai camilan atau setelah makan berat.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga