Cara Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Pengobatan Radang Paru-paru

Cara Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Pengobatan Radang Paruparu Ilustrasi

Covesia.com - Radang paru-paru atau biasa disebut pneumonia adalah salah satu penyakit yang jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada organ pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfir agar paru-paru tidak dipenuhi cairan.

Penyebab Radang Paru-Paru

Penyakit radang paru-paru bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri, jamur serta parasit yang masuk ketika sedang bernapas. Bukan hanya itu saja, radang paru-paru juga bisa disebabkan oleh adanya paparan zat kimia, cedera jasmani atau karena adanya penyakit lainnya seperti kanker paru-paru hingga kebiasaan minum alkohol secara berlebihan.

Sementara, beberapa hal yang menjadi sumber terhadap kemunculan radang paru-paru seperti asap knalpot, asap rokok, rumah yang lembap serta lingkungan yang tidak sehat.

Meski radang paru-paru adalah penyakit umum yang bisa menyerang semua orang, anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah adalah yang paling mudah terserang penyakit ini.

Gejala Radang Paru-Paru

Pasien radang paru-paru yang menular biasanya menderita batuk produktif, demam yang disertai menggigil, sulit bernapas, nyeri dada yang tajam selama menarik napas dalam-dalam, dan mengalami peningkatan laju respirasi.

Pada manula, munculnya kebingungan menjadi tanda yang paling utama. Sedangkan tanda dan gejala khusus pada anak-anak balita yaitu demam, batuk, dan napas yang cepat atau sulit.

Akan tetapi, gejala batuk sering kali tidak muncul pada anak-anak berusia kurang dari 2 bulan. Tanda dan gejala yang lebih parah meliputi: kulit biru, rasa haus berkurang, kejang, muntah-muntah yang menetap, suhu ekstrem, atau penurunan tingkat kesadaran.

Perlu diketahui juga, gejala radang paru-paru bisa berdasarkan tingkat keparahannya. Keragaman gejala tersebut juga bisa disebabkan oleh perbedaan pada jenis bakteri pemicu infeksi, usia, dan kondisi kesehatan pengidap.

Meski demikian, gejala-gejala umum yang biasanya muncul seperti dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

  • Rasa sakit pada dada ketika menarik napas atau batuk.
  • Mual atau muntah.
  • Diare.
  • Demam.
  • Kelelahan.
  • Sesak napas.
  • Berkeringat dan menggigil.
  • Batuk kering atau batuk dengan dahak kental berwarna kuning, hijau, atau disertai darah.

Segera cari bantuan medis apabila muncul gejala-gejala yang parah, seperti napas terengah-engah, sakit dada, atau linglung menyerang Anda.

Pengobatan Radang Paru-Paru

Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi radang paru-paru ringan adalah dengan pemberian antibiotik yang diresepkan dokter, istirahat cukup dan banyak mengonsumsi air. Pengidap jenis ini tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

Di samping itu, langkah-langkah sederhana berikut juga dapat membantu meredakan gejala yang anda alami, di antaranya:

  • Menghindari konsumsi obat batuk karena batuk berfungsi membantu anda mengeluarkan dahak dari paru-paru. Meredakan batuk bisa mengakibatkan durasi infeksi yang lebih lama. Obat batuk juga belum terbukti efektif secara medis. Air hangat bercampur madu dan lemon bisa membantu mengurangi batuk anda.
  • Mengonsumsi analgesik (obat pereda sakit) seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan dan menurunkan demam. Tetapi, hindari konsumsi ibuprofen jika anda memiliki alergi terhadap aspirin, obat anti inflamasi nonstereoid lain, atau menderita asma, tukak lambung, dan gangguan hati atau pencernaan.
  • Berhenti merokok karena kebiasaan ini dapat memperburuk radang paru-paru.

Sementara itu, orang dengan kondisi fisik yang sehat akan pulih secara normal setelah 14-21 hari. Namun, apabila gejala radang paru paru sama sekali tidak membaik dalam 48 jam, Anda disarankan kembali menghubungi dokter.

Mungkin saja antibiotik yang anda konsumsi tidak efektif untuk membasmi bakteri pemicu radang paru-paru, atau disebabkan oleh faktor lain seperti virus.

Pada umumnya radang paru-paru tidak menular, akan tetapi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sebaiknya menjauh dari penderita radang paru paru sampai kondisi si penderita benar-benar pulih.

Sedangkan untuk perawatan radang paru-paru secara alami, anda dapat memanfaatkan daun sambiloto ataupun sari kulit manggis. Cara menggunakannya pun sama, sambiloto atau kulit manggis dikeringkan kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk.

Kemudian seduh dengan air panas seperti membuat kopi, lakukan hal ini secara rutin minimal 2 kali sehari hingga radang paru-paru perlahan-lahan mulai menghilang. Jika sakit masih berlanjut segera lakukan pemeriksaan medis seperti rontgen untuk mengetahui seberapa parah radang paru-paru anda.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga