Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi!

Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi

Covesia.com - Presiden Joko Widodo genap berusia 57 tahun hari ini, Kamis (21/6/2018). Ucapan selamat ulang tahun dari warganet membanjiri media sosial.  Tanda pagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati pun menjadi trending topik di Twitter.

Dikutip covesia.com dari laman Wikipedia, Presiden Joko Widodo lahir pada 21 Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo. Jokowi tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan yang berlokasi di bantaran sebuah sungai di Solo. 

Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi dan merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati.

Ia sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, namun meninggal saat persalinan. Sebelum berganti nama, Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono.

Ayahnya berasal dari Karanganyar, sementara kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah.

Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul untuk mencari sendiri keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki.

Ayah Jokowi yang sehari-hari menghidupi keluarga dengan berjualan kayu, terpaksa membawa istri dan anak-anaknya hidup berpindah dari satu rumah sewa menuju rumah sewa lainnya.

Bahkan dengan kondisi tersebut, keluarga Jokowi harus rela digusur Pemerintah Kota Solo dari tempat tinggalnya di bantaran Kali Pepe, dan tinggal menumpang di kediaman seorang kerabat daerah Gondang.

Namun, pengalaman masa kecil tersebut tidak dirasakan mantan Wali Kota Surakarta itu sebagai sebuah penderitaan.

Jokowi yang sewaktu kecil dipanggil Mulyono itu, berkata bahwa waktu-waktu sulit tersebut merupakan cara Tuhan yang sangat tepat untuk membangun karakter dirinya di masa depan.

Selepas berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jokowi muda sempat mencicipi pengalaman kerja pada sebuah perusahaan BUMN di Aceh.

Lokasinya yang berada di tengah hutan, kondisi kerja yang keras, dan rencana untuk mempunyai buah hati menuntun Jokowi dan istri untuk kembali ke Kota Solo pada 1988.

Ia kemudian bekerja sementara waktu pada pabrik milik pamannya, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti dan Jokowi memulai usaha mebelnya sendiri. Usaha yang mulanya berjalan dengan kondisi sederhana lambat laun berkembang.

Dari ruang lingkup regional, usaha ayah tiga anak, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep ini tumbuh melingkupi pasar nasional, hingga kemudian merambah pasar mancanegara.

Di usianya yang ke-57, mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah dikaruniai seorang cucu laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra, buah pernikahan dari anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda Putri.

Dia juga telah menikahkan anak perempuannya Kahiyang Ayu dengan pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara bernama Bobby Nasution

Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga