Depresi, Adik Ratu Maxima Tewas Bunuh Diri

Depresi Adik Ratu Maxima Tewas Bunuh Diri Ines Zorreguieta

Covesia.com - Perdana Menteri Belanda Mark Rute mengonfirmasi, Jumat (8/6/2018) pagi bahwa adik kandung Ratu Maxima yang bernama Ines Zorreguieta (33) diduga bunuh diri di apartemennya di Buenos Aires, Argentina.

Dilansir dari BBC, hal ini telah dipaparkan juga oleh Juru bicara Kedutaan Belanda di Argentina.

Adik dari Ratu Belanda tersebut dilaporkan memang memiliki masalah mental dan depresi. Tubuhnya telah dibawa ke rumah sakit untuk kemudian dilakukan tindakan otopsi.

Depresi sendiri merupakan suatu jenis gangguan mental yang saat ini semakin banyak ditemui, bahkan pada kalangan usia muda. Gejala utama depresi adalah cenderung terlihat murung sepanjang waktu, mudah lelah, dan kehilangan minat untuk melakukan hal yang disukai sebelumnya.

Ratu Belanda berduka

Atas kematian adik perempuannya tersebut, Ratu Maxima (47) akhirnya menunda dan membatalkan semua acara yang seharusnya ia hadiri dan langsung terbang ke Argentina hari ini juga.

Berdasarkan keterangan dari The Daily Mail, ternyata Ines Zorreguieta adalah pendamping Ratu Maxima saat ia menikah dengan Pangeran Willem-Alexander pada 2002 lalu,

Wanita yang bekerja sebagai PNS di Kementrian Pengembangan Sosial ini ternyata juga merupakan ibu wali dari Putri Arianne, yakni putri Ratu Maxima dan Raja Willem-Alexander yang berusia 11 tahun. Keputusannya mengakhiri hidup dengan cara gantung diri pun sangat disayangkan.

Ratu Maxima diberitakan amat terkejut dan sedih. Berkaitan dengan masa berkabungnya, ia langsung membatalkan agendanya selama beberapa hari ke depan, termasuk kunjungan kenegaraan ke Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Cegah depresi dengan cara ini

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sebanyak 35 juta penduduk dunia mengalami depresi pada sepanjang 2016. Angka tersebut diperkirakan akan terus naik. Hingga 2020, WHO memprediksi depresi akan menjadi masalah kesehatan nomor 2 dunia.

Oleh sebab itu, agar tidak terjerumus ke dalam situasi percobaan bunuh diri, anda perlu mengetahui berbagai tips pencegahan yang dapat dilakukan secara mandiri. Berikut ini adalah saran dr. Irma Rismayanty dikutip covesia.com dari laman KlikDokter yang bisa anda terapkan:

1. Buat rutinitas

Atur jadwal harian anda untuk membantu membangun struktur pikiran menjadi lebih tertata, sehingga anda tidak berpikiran untuk melakukan percobaan bunuh diri.

2. Olahraga

Kegiatan olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang dan nyaman, sehingga anda pun akan merasa lebih bersemangat dan berpikiran positif. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang. Lakukan bersama teman agar lebih seru!

3. Pencapaian sederhana

Depresi dapat membuat anda pesimis. Oleh sebab itu, cobalah untuk membuat pencapaian sederhana yang mudah untuk diraih, seperti mencoba untuk memasak resep baru setiap minggu. Setelah merasa lebih baik, anda dapat membuat pencapaian baru yang lebih menantang.

4. Tidur cukup

Kurang waktu tidur dapat memengaruhi emosional seseorang. Oleh sebab itu, tidurlah dan bangun pagi pada jam yang rutin. Hindari mengecek gawai atau menonton televisi di malam hari menjelang waktu tidur.

5. Pola makan sehat

Depresi terkadang membuat anda makan berlebihan. Kendalikan nafsu makan anda dengan konsumsi bahan makanan bergizi seimbang untuk membuat anda merasa lebih baik.

6. Mencoba hal baru

Saat melakukan hal baru, terutama yang menantang, otak akan memproduksi kadar dopamine yang dapat meningkatkan perasaan nyaman, serta pikiran positif dan hati yang gembira.

Apabila gejala depresi tak kunjung berkurang, segeralah mencari pertolongan ke psikolog atau psikiater agar depresi yang dirasakan dapat teratasi. Hal ini juga perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya depresi yang lebih parah dari sebelumnya.

Dengan semakin maraknya kasus bunuh diri dari kalangan desainer, artis, hingga keluarga kerajaan, merupakan tanda bagi Anda untuk mengontrol diri agar terhindar dari pikiran-pikiran negatif. Lakukan hal-hal di atas agar anda terbebas dari percobaan bunuh diri, seperti yang dilakukan oleh adik Ratu Maxima dari kerajaan Belanda.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga