Minuman yang Sebaiknya Tidak Ada Dalam Freezer

Minuman yang Sebaiknya Tidak Ada Dalam Freezer Ilustrasi (Foto: Utari Dwi Rahma S/ covesia)

Covesia.com - Meski lemari es bisa digunakan untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman, tidak semua makanan maupun minuman bisa disimpan di lemari es lho. Ada beberapa makanan atau minuman yang pantang disimpan di lemari es tepatnya di freezer karena ini bisa meningkatkan risiko lemari es meledak. 

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Simak yang berikut ini dilansir covesia.com dari laman brilio.net

Minuman bersoda

Minuman bersoda lebih khususnya minuman bersoda kaleng sangat disarankan agar tidak disimpan di dalam freezer. Ini karena minuman berkarbonasi tinggi ini bisa meledak di suhu yang sangat rendah. 

Minuman beralkohol

Hampir sama dengan minuman bersoda, minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko lemari es meledak. Hindari menyimpan minuman beralkohol di dalam freezer. Minuman beralkohol yang belum dibuka bisa menyebabkan tekanan dari ekspansi yang ada di dalamnya. Tekanan yang berlebihan berisiko menyebabkan ledakan bahkan kebakaran. 

Es kering atau dry ice

Es jenis ini memang jarang ditemukan di rumah-rumah, hanya saja jika kamu memiliki es ini di rumah pastikan untuk tidak menyimpannya di freezer. Suhu rendah freezer bisa memberikan efek sublimasi pada es kering dari bentuk padat ke gas. Jika gas yang ada berlebihan, ini tentunya akan meningkatkan risiko ledakan pada lemari es. 

Itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak dimasukkan di dalam freezer lemari es. Selain benda di atas, benda lain yang juga memicu ledakan adalah benda tajam yang dimanfaatkan untuk membersihkan es dalam freezer. Kalau pun ingin membersihkan es, matikan lemari es terlebih dahulu dan biarkan es mencair kemudian kamu bisa membersihkannya dengan cara dilap atau sejenisnya. 

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga