Wanita ini Derita Hepatitis Usai Makan Buah Delima

Wanita ini Derita Hepatitis Usai Makan Buah Delima Pixabay

Covesia.com - Wanita berusia 64 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Australia Selatan dikabarkan meninggal dunia karena terkena hepatitis A. Lebih mengenaskan adalah wanita ini mendapatkan penyakit ini setelah mengonsumsi buah delima merah (pomegranate) beku yang banyak dijual di negara tersebut.

Dilansir dari Metro.co.uk, buah delima merah beku yang diproduksi oleh Creative Gourmet telah memicu 24 kasus infeksi di negara tersebut. Hal ini membuat banyak orang, termasuk pemerintah mulai memperhatikan kasus konsumsi buah delima setelah sebelumnya mereka juga sempat mengalami kasus bakteri listeria yang berasal dari buah melon.

Pakar kesehatan dari South Australia Profesor Paddy Phillips bahkan sampai menyerukan penarikan semua produk delima merah beku dari pasaran demi mencegah kasus lain muncul. Meskipun begitu, kebanyakan korban yang mengalami infeksi setelah mengonsumsi buah ini memang sudah pulih setelah mendapatkan perawatan medis yang intensif.

Pemerintah Austrlia menyerukan warganya untuk tidak mengonsumsi buah delima merah beku yang diimpor dari Mesir, namun jika mereka mendapatkan produk serupa namun yang dibuat dari delima lokal, masyarakat masih diperbolehkan untuk mengonsumsinya.

Dikutip covesia.com dari laman doktersehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hepatitis A biasanya menular melalui hubungan intim antar pasangan atau konsumsi pada makanan yang sudah terkontaminasi, namun, kasus dimana hepatitis A bisa muncul setelah konsumsi buah delima memang masih sangat jarang terjadi.

Entyce Food Ingredients menyebutkan bahwa pada tahun lalu, pemerintah Australia juga terpaksa menarik sebagian produk buah beri di pasaran karena terkait dengan kasus hepatitis A.

Belum jelas apakah buah delima di Indonesia juga terkait dengan masalah kesehatan ini atau tidak. Satu hal yang pasti, ada baiknya kita mewaspadai hal ini.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga