Tradisi Lebaran Seperti ini Selalu Bikin Kangen Rumah

Tradisi Lebaran Seperti ini Selalu Bikin Kangen Rumah ilustrasi

Covesia.com - Lebaran selalu punya tradisi tersendiri yang membuat kita selalu kangen rumah, tradisi apa yang membuatmu kangen kampung halaman? Berikut covesia.com mengulasnya dikutip dari laman iprice.

Berburu Tiket Pesawat Murah, Bus, Kereta untuk Mudik

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, bus, dan kereta untuk mudik memang diperlukan waktu dari jauh-jauh hari, rata-rata kebanyakan orang sudah membeli tiket dari tiga hingga enam bulan sebelumnya, bahkan ada juga yang memesannya dari setahun sebelumnya (khususnya untuk tiket pesawat).

Kalau sudah kangen dengan rumah, biasanya kita selalu menghitung hari sampai dengan hari keberangkatan pulang ke kampung halaman. Hari H jadi terasa lebih lama kalau dihitung.

Mudik dengan Mobil atau Nebeng Kenalan

Pulang ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi atau nebeng kenalan juga menjadi salah satu tradisi yang memang sering dilakukan. Untuk mereka yang nebeng mobil orang lain, biasanya mereka akan share uang bensin dan tol.

Nah, untuk kalian yang bawa mobil sendiri, pastinya juga selalu mempersiapkan banyak hal untuk dibawa ke rumah sampai mobil dan bagasi penuh.

Kue dan Baju Lebaran

Kue dan pakaian atau baju lebaran selalu diburu jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Tidak lengkap rasanya merayakan lebaran tanpa adanya kue kering dan baju baru, mulai dari baju muslim untuk shalat, baju gamis, dress, baju koko, sepatu hingga beragam koleksi baju lebaran lainnya selalu laku di pasaran.

Ketupat, Rendang dan Opor Ayam

Sebagai menu santapan utama saat lebaran, ketupat sayur, rendang, dan opor ayam biasanya tidak pernah absen karena makanan ini merupakan makanan khas lebaran yang selalu ada dari tahun ke tahun.

Selain ketupat, rendang, dan opor ayam, makanan khas lebaran apa saja sih yang biasanya kamu sediakan di rumah?

Takbir Keliling dan Shalat Idul Fitri di Lapangan atau Jalan Raya

Semalam sebelum lebaran, gema takbir biasanya sudah terdengar mulai dari setelah shalat maghrib. Selain takbir yang digaungkan dari masjid, banyak juga anak-anak kecil, remaja hingga dewasa melakukan takbir keliling.

Selain takbir keliling, besok paginya orang-orang akan berbondong-bondong untuk shalat idul fitri secara berjamaah dan karena saking banyaknya orang yang shalat, banyak lapangan olahraga hingga jalanan raya dijadikan sebagai tempat untuk shalat, biasanya koran dijadikan alas sholat yang kemudian ditambah sajadah.

Jangan lupa pilih mukena (untuk wanita) dan sarung serta baju koko plus peci (untuk pria) yang terbaik saat hari lebaran, tapi kalaupun tidak punya, mukena dan sarung lama pun bisa tetap kamu pakai kok.

Sungkeman dan Saling Bermaafan

Dari semua tradisi lebaran yang pernah ada, sungkeman dengan kedua orang tua dan saling bermaafan adalah momen yang paling mengharukan. Di acara sungkeman ini memang air mata sulit terbendung.

THR dan Salam Tempel

Nah, untuk THR dan salam tempel, biasanya anak-anak selalu mendapatkan jatah salam tempel paling banyak dari kerabat dan keluarga yang sudah bekerja.

Untuk mereka yang bekerja, biasanya THR dibagikan oleh perusahaan masing-masing dua minggu sebelum lebaran tiba untuk belanja lebaran.

Dari ketujuh tradisi lebaran tersebut, poin yang mana nih yang paling bikin kamu kangen banget sama keluarga di rumah?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga