Tanda-tandanya Anda Sedang Mengalami Depresi

Tandatandanya Anda Sedang Mengalami Depresi Pixabay

Covesia.com - Apakah anda pernah merasa tidak nyaman dengan hari-hari anda? Ada banyak hal yang menghantui pikiran anda? Tidur tidak nyenyak, makan tidak enak dan perasaan selalu cemas.

Jika mengalami hal ini jangan disepelekan apalagi diabaikan ya. Perasaan tidak nyaman dan kecemasan yang berlebih bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami depresi. 

Dilansir dari laman prevention.com, depresi bisa berakibat fatal jika tidak lekas ditangani dengan baik. Depresi bahkan meningkatkan risiko berbagai penyakit mematikan bahkan risiko bunuh diri lebih besar.

Disadari atau tidak, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa seseorang sedang dilanda stres berat atau depresi. Tanda tersebut antara lain sebagai berikut dikutip covesia.com dari laman vemale.

Makan lebih banyak atau sedikit dari biasanya

Tidak karena sedang program menggemukkan badan maupun diet, tapi anda makan dengan porsi yang lebih banyak atau sedikit dari biasanya.

Orang-orang yang dilanda depresi bisa mengalami peningkatan nafsu makan yang tidak terkontrol maupun mengalami penurunan nafsu makan drastis. 

Lebih suka menyendiri

Orang-orang yang lebih suka menyendiri, tidak bersosialisasi dengan baik dan enggan bertemu dengan orang lain besar kemungkinan sedang mengalami stres berat atau depresi.

Tak hanya suka menyendiri, orang-orang yang mengalami depresi juga akan tidur lebih lama dari biasanya. Meski ia tahu bahwa ia hanya pura-pura tidur dan memikirkan banyak hal di pikirannya. 

Hal-hal kecil sangat mengganggu

Orang yang sedang dilanda depresi akan merasa tidak nyaman dengan apapun yang ada di sekitarnya. Hal-hal kecil yang sebenarnya biasa saja bahkan menghibur akan terasa sangat mengganggu, bikin kesal dan emosi. Jika anda merasakan hal ini, atur kembali perasaan kamu dan hindari depresi. 

Gagal fokus dan sulit konsentrasi

Depresi juga ditunjukkan dengan tanda gagal fokus dan sulitnya berkonsentrasi. Lupa deadline, uring-uringan, sulit mengambil keputusan, bimbang, tidak mau mendengarkan nasehat orang lain dan tidak bisa berpikir lebih tenang adalah tanda dari depresi yang sering terjadi di sekitar kita. 

Tidak lagi menyukai hobi

Masihkah anda senang dan nyaman dengan hobi anda? Jika anda sudah merasa bosan, tidak nyaman dan bahkan benci dengan hobi anda, ini bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami depresi.

Orang-orang yang dilanda depresi umumnya tidak bisa menikmati hari-harinya dengan bahagia. Ia juga tidak lagi bisa lagi nyaman dan suka dengan hobinya. 

Mudah panik dan cemas

Hal-hal kecil di sekitar anda sering kali membuat anda panik dan cemas adalah tanda bahwa kemungkinan besar anda mengalami depresi.

Merasa panik dan cemas sebenarnya merupakan hal yang wajar. Tapi, jika ini sudah berlebihan ini akan membuat anda rentan terhadap depresi. 

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga