7 Negara dengan Waktu Berbuka Paling Cepat di Dunia

7 Negara dengan Waktu Berbuka Paling Cepat di Dunia Pixabay

Covesia.com - Ramadan adalah bulan penuh berkah dan selalu dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Pada bulan yang penuh ampunan ini, umat Islam wajib menjalankan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Perbedaan waktu di seluruh dunia, membuat durasi puasa berbeda, ada yang lebih cepat dan lama.

Di Indonesia, waktu berpuasa kurang lebih selama 13 jam, termasuk tergolong cepat, dibandingkan dengan Islandia yang harus berpuasa selama 22 jam. Nah, tapi ada loh yang buka puasanya lebih cepat daripada Indonesia.

7 negara ini punya waktu buka puasa paling cepat, lho. Apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini dirangkum covesia.com dari berbagai sumber:

1. Arab Saudi

Melakukan ibadah puasa di Arab Saudi hanya berdurasi 14 jam 30 menit, tak berbeda jauh dengan di Indonesia. Nah, bagi kalian yang ingin mencobanya, kalian bisa pergi ke Arab Saudi sekaligus melakukan ibadah umroh bersama keluarga disana.

Ibadah puasa pun akan lebih bermakna jika kalian melakukannya sambal ibadah umroh. Apalagi dengan masyarakat yang mayoritasnya adalah umat muslim, tentu suasana Ramadhannya lebih terasa.

2. Indonesia

Beruntunglah kita yang tinggal di negara Indonesia, karena ibadah puasa di Indonesia hanya berdurasi selama 13 jam 3 menit. Hanya yang membedakannya adalah pembagian waktu WIB, WITA, dan WIT saja dalam menentukan waktu berbuka dan imsak. Selebihnya durasi puasa kalian sama, yaitu 13 jam 3 menit.

3. Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro terletak di Selat Mozambik sebelah barat laut dari Madagaskar dan sebelah timur dari benua Afrika. Kepulauan Komoro masih termasuk dalam wilayah Jazirah Arab. Budaya Arab pun masih kental di Kepulauan Komoro. Bahkan, Bahasa resmi yang digunakan masyarakatnya pun adalah Bahasa Arab. Walaupun sebagian masyarakatnya juga menggunakan Bahasa Komoro dan Perancis untuk berkomunikasi. Nah, durasi puasa di Kepulauan Komoro hanya selama 12 jam 31 menit, mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

4. Australia Barat

Australia Barat tepatnya daerah Sydney, memang memiliki waktu puasa yang cukup singkat. Bisa dibilang hanya setengah hari, Karena durasinya hanya 11 jam 59 menit. Untuk beberapa warga muslim yang tinggal di Australia, tidak terlalu menemui banyak tantangan.

5. Argentina

Argentina adalah negara bagian dari Amerika Latin, ibukotanya adalah Buenos Aires. Jika kalian ingin merasakan puasa dengan durasi waktu yang pendek, datanglah ke negara ini ketika Ramadhan tiba. Karena di negara ini hanya butuh waktu 9 jam 37 menit untuk berpuasa. Walaupun masyarakat muslim di negara ini hanya sedikit, namun warga non-muslim di Argentina sangat menghargai.

6. Antartika

Jika kalian tahan dengan udara yang sangat dingin, kalian bisa melakukan ibadah puasa di negara ini. Mungkin pertanyaan kalian hanyalah, apakah ada warga muslim disana? Jawabannya adalah tentu ada, walaupun hanya sebagian kecil saja. Nah, disini kalian hanya akan melakukan ibadah puasa selama 9 jam 18 menit. Cukup singkat kan?

7. Chile

Negara yang terakhir adalah Chile, yang terletak di Amerika Selatan. Total durasi ibadah puasa di negara ini hanya membutuhkan waktu 9 jam 12 menit. Cukup singkat kan? Imsak di Chile adalah pukul 5.31 dan waktu berbukanya adalah pukul 15.00.

Bagi umat muslim sebenarnya durasi waktu puasa bukanlah hal yang harus dijadikan sebagai beban. Berapa lama durasinya tak masalah, yang terpenting adalah kualitas ibadah kalian semua. Selamat menunaikan ibadah puasa!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga