5 Barang ini Bakal Naik Jelang Hari Raya Idul Fitri

5 Barang ini Bakal Naik Jelang Hari Raya Idul Fitri Pixabay

Covesia.com - Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadan. Ada banyak kejutan menarik di bulan Ramadan, selain bisa kumpul bareng keluarga dan teman-teman. Kamu juga perlu tahu bahwa biasanya di bulan ini tuh kadang bikin kaget.

Kaget apa? Kaget soal harga yang gak dipungkiri bakal melambung cukup tinggi di bulan tersebut.

Yuk simak barang apa aja yang harganya kerap naik jelang puasa dan Hari Raya Idul Fitri 2018 ini diktuip covesia.com dari laman Moneysmart.

1. Sembako

Sudah jadi rahasia umum bahwa sembako pasti bakal naik harga saat puasa dan lebaran. Contoh, beras, minyak, gula, dan daging-dagingan.

Tak heran kalau sembako naik harga, karena memang paling dibutuhkan. Di antara sembako tersebut, yang paling menonjol adalah harga ayam dan daging sapi.

Buat beberapa sembako, seperti daging-dagingan atau bawang-bawangan, kamu bisa simpan buat sebulanan. Nah, tak ada salahnya kamu stok dari sekarang aja biar tak makin mahal.

2. Gadget

Khusus tahun ini, harga gadget bakal naik karena dua faktor. Yang pertama karena rupiah melemah, yang kedua karena THR.

Faktor THR, orang-orang bakal cenderung ganti gadget atau belanjakan sesuatu. Karena demand yang tinggi, harga pun cenderung naik.

Buat mengantisipasi hal ini, ada baiknya kamu tak perlu ikut-ikutan hype buat punya gadget baru. Ada baiknya tunggu beberapa waktu setelah Lebaran bila kamu emang mau ganti gadget. Plus, pastikan kamu emang butuh.

3. Kue-kue dan biskuit

Ragam kue maupun biskut adalah penganan yang paling dicari saat jelang Lebaran. Di Indonesia terdapat tradisi buat menyajikan beragam kue tersebut di rumah buat tamu-tamu yang berkunjung.

Sayangnya, sama dengan kebutuhan lainnya, harga kue-kue ini turut naik dadakan. Buat kamu yang pengin menyiasati pengeluaran ini, kamu bisa bikin sendiri aja di rumah. Atau, kamu bisa beli jauh-jauh hari buat kue kering tertentu yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

4. Sirup

Tahun 2017 lalu aja, permintaan sirup naik 150 persen jelang Lebaran, lho. Tak heran karena permintaan yang tinggi tersebut, produsen menangkap momen ini sebagai profit.

Tapi jauh sebelum Lebaran, di beberapa supermarket biasanya menyediakan paket sirup dan biskuit yang dibanderol dengan harga promo. Kamu bisa stok deh jauh-jauh hari biar tak dapat harga yang mahal kalau dekat Lebaran nanti.

Selain harga lebih murah, kamu pun tak bakal kehabisan sirup karena permintaan bakal sangat tinggi pas sudah dekat Lebaran. Duh! Jangan sampai kehabisan deh, soalnya Lebaran memang tak lengkap tanpa sirup.

5. Parsel

Ini juga yang tak boleh terlupakan saat puasa dan Lebaran. Bingkisan parsel ini adalah barang yang paling dicari. Saat bertamu atau kunjungan keluarga, parsel hampir wajib dibawa sebagai buah tangan.

Masalahnya adalah udah umum banget deh kalau harga parsel jauh lebih mahal ketimbang beli satuan. Salah satu alasannya adalah karena kemasannya. Sebenarnya hal tersebut bisa kamu akali dengan bikin parsel sendiri aja.

Kamu bisa beli isian parsel seperti biskuit, permen, sirup, dan lainnya secara satuan atau grosir. Terus, kamu rangkai sendiri parselnya.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga