4 Cara Atasi Badan Lemas Saat Musim Kemarau

4 Cara Atasi Badan Lemas Saat Musim Kemarau Pixabay

Covesia.com - Badan lemas saat musim kemarau bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satu yang paling kentara menjadi penyebab hal ini adalah cuaca yang panas, bahkan berubah-ubah secara drastis.

Selain faktor tersebut, dr. Dyah Novita Anggraini turut memaparkan hal-hal lain penyebab badan lemas, sebagai berikut dikutip covesia.com dari laman klikdokter:

1. Makanan

Mengonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Pasalnya kafein dan gula justru dapat membuat anda semakin lelah dan lemas.

Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lainnya yang ditimbulkan kafein dan gula.

2. Kurang tidur

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kelelahan yang paling sering dikeluhkan oleh seseorang. Bahkan terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan kelelahan dan badan lemas.

Waktu tidur paling ideal pada umumnya adalah 8 jam dalam sehari, menyesuaikan usia dan kondisi biologis yang ada.

3. Jarang olahraga

Sering mengalami badan lemas? Coba ingat kembali, bagaimana rutinitas olahraga anda. Jika kurang, maka bisa jadi penyebab itu timbul dari jarangnya berolahraga.

Beberapa ahli menyarankan agar rutin berolahraga paling tidak 40 menit selama 4 hari dalam seminggu.

4. Gangguan kesehatan

Jika anda mengidap penyakit seperti kelainan jantung, anemia, gangguan tiroid dan depresi, bisa jadi itulah penyebab utama badan lemas anda.

Kiat mudah atasi badan lemas

Perhatikan cuaca di musim kemarau yang panas menyengat dan kerap tidak bersahabat. Dilansir dari WebMD, lakukan kiat mudah menghindari badan lemas di musim kemarau dengan mengikuti cara-cara ini:

1. Mengelola stres

Banyak cara untuk mengatur dan mengelola kadar stres seperti dengan bercocok tanam, bersosialisasi dengan orang sekitar, hingga bermain bersama hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Penting untuk menjaga kesehatan mental anda agar tidak memberi pengaruh buruk bagi fisik.

2. Olahraga

Pilih satu kegiatan luar ruangan yang menjadi favorit. Ya, Anda dapat melakukan hiking, jalan-jalan di alam bebas, bermain dengan anak, bersepeda, angkat beban, dan olahraga lainnya yang Anda sukai.

Anda dapat melakukan aktivitas ini bersama keluarga atau kerabat. Selain sehat, cara ini bagus untuk menciptakan waktu berkualitas dalam menjalin tali silaturahmi yang lebih erat.

3. Tidur cukup

Cuaca yang hangat di musim kemarau membuat malam hari terasa tak terlalu dingin. Anda pun ingin terus terjaga sampai pagi untuk melakukan beragam aktivitas. Ingat, hal ini buruk untuk dilakukan meskipun cuma sekali atau terus-terusan.

Dengan begitu, anda mesti menjaga kualitas istirahat dengan mengatur jam tidur sedemikian rupa. Rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah 8 jam per hari.

4. Banyak minum air putih

Cuaca yang panas membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Dengan begitu, risiko untuk mengalami dehidrasi juga turut meningkat. Berdasarkan penjelasan dr. Vita, Anda bisa mengatasi hal ini dengan banyak minum air putih.

“Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat musim kemarau adalah dengan minum air putih sebanyak delapan gelas sehari. Batasi atau hindari minuman berkafein dan bersoda, karena keduanya tak membantu memenuhi cairan tubuh layaknya air putih,” ujarnya.

Kiat mudah hindari badan lemas di musim kemarau yang telah dipaparkan di atas juga harus anda imbangi dengan asupan makanan bergizi serta menghindari kebiasaan buruk seperti rokok dan alkohol. Yuk, cegah badan lemas di musim kemarau dengan menjalankan gaya hidup sehat.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga