Berbagai Gangguan Jiwa yang Sering Dialami Wanita

Berbagai Gangguan Jiwa yang Sering Dialami Wanita

Covesia.com - Kemacetan lalu lintas, beban pekerjaan dan urusan rumah tangga merupakan beberapa perkara yang sering menyebabkan seseorang terjatuh pada gangguan jiwa. Mereka yang lebih sering mengalami keadaan tersebut adalah wanita.

Ya, penelitian di Universitas Oxford mendapatkan hasil bahwa wanita 40% lebih rentan mengalami gangguan jiwa dibandingkan pria. Para peneliti menduga bahwa hal ini berhubungan dengan perubahan hormonal yang cenderung dialami oleh kaum hawa.

Gangguan jiwa pada wanita

Beberapa jenis gangguan jiwa yang lebih sering menimpa wanita, di antaranya seperti dikutip covesia.com dari laman klikdokter berikut:

1. Depresi

Depresi adalah gangguan kejiwaan yang membuat seseorang merasa sangat sedih hingga berada pada titik terendahnya. Orang yang depresi sering merasa putus asa, kehilangan motivasi dan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Menurut penelitian, wanita 75% lebih rentan untuk mengalami depresi daripada pria.

Selain dipengaruhi oleh faktor hormonal, hal tersebut juga turut disebabkan oleh faktor lingkungan. Misalnya, tuntutan bahwa wanita bekerja juga harus menjadi ibu rumah tangga dan mengasuh anak di rumah.

2. Gangguan cemas

Penelitian kembali mengatakan, wanita 60% lebih mungkin untuk mengalami kecemasan. Menurut American Psychological Association’s Journal of Abnormal Psychology, hal tersebut terjadi karena wanita cenderung memendam emosi yang dirasakan dibandingkan langsung meluapkannya.

Seseorang yang mengalami gangguan cemas akan mengalami gejala sebagai berikut:

  • Khawatir berlebihan
  • Gelisah
  • Ketakutan
  • Sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih
  • Menjadi sangat waspada
  • Sulit tertidur di malam hari.

3. Gangguan stres pascatrauma (PTSD)

Wanita 10% lebih mungkin untuk mengalami gangguan stres pascatrauma atau PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Ini adalah gangguan jiwa yang terjadi setelah seseorang mengalami kejadian yang traumatis, misalnya mengalami pelecehan seksual, perang, serangan teroris atau kecelakaan berat.

Mengatasi gangguan jiwa pada wanita

Wanita memang lebih mungkin mengalami gangguan jiwa. Berita baiknya, keadaan ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana, yaitu:

● Mendekatkan diri dengan Tuhan

Cara ini dapat anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan jiwa. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, hidup anda akan lebih teratur. Anda juga bisa berdoa agar selalu dalam lindungan-Nya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

● Berhubungan baik dengan keluarga

Keluarga merupakan pendukung utama dalam hal apa pun. Karena itu, menjaga hubungan baik dengan keluarga turut membantu anda termotivasi untuk segera memperbaiki diri agar bisa segera terlepas dari gangguan jiwa yang sedang terjadi.

● Berolahraga secara rutin dan teratur

Jika anda sedang mengalami masalah yang menganggu pikiran, cobalah untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas sehat itu mampu menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon pemicu stres.

● Cukup istirahat

Cukup istirahat dengan tidur malam selama minimal 8 jam sehari dapat membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak. Pada akhirnya, aliran darah menjadi lebih lancar, otak lebih relaks dan gangguan jiwa bisa segera musnah.

● Selalu berpikiran positif

Usahakan untuk tidak berpikiran negatif dan segera ubah menjadi hal positif agar tidak mudah memicu gangguan jiwa.

● Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Fungsi sel-sel di dalam tubuh sangat bergantung dari asupan gizi yang anda konsumsi. Karena itu, agar fungsi tersebut tetap terjaga dengan optimal, anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, yang sebagian besarnya terdiri dari sayur dan buah-buahan.

Memang, tidak setiap wanita akan mengalami gangguan jiwa. Akan tetapi, anda tetap dianjurkan untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuh maupun pikiran dengan saksama. Terapkan gaya hidup sehat sekarang juga. Dan, berkonsultasilah pada dokter atau psikiater jika anda merasa mengalami gejala yang merujuk pada salah satu jenis gangguan jiwa di atas. 

(sea0

Berita Terkait

Baca Juga