4 Hal Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Atasi Stres

4 Hal Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Atasi Stres

Covesia.com - Ada banyak hal yang terjadi yang bisa memicu seseorang alami stres. Misal, kemacetan ibukota, pertengkaran dengan pasangan, deadline pekerjaan, atau tagihan yang menumpuk merupakan hal-hal yang bisa dengan mudah membuat anda stres.

Tak hanya pada orang dewasa, stres juga dapat dirasakan anak-anak, semisal saat menjelang masa ujian sekolah atau tekanan sosial dari lingkungan dan teman-temannya.

Jika dibiarkan, stres bisa menyebabkan timbulnya berbagai keluhan fisik, seperti nyeri kepala, sulit tidur, hingga berisiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Untuk menghindarinya, coba deh, hilangkan stres dengan melakukan empat hal sederhana ini, dikutip covesia.com dari laman klikdokter.

1. Mencium aroma pasangan

Bagi anda yang sudah berpasangan, coba dekati pasangan untuk mencium bau pakaian yang sedang ia kenakan atau sesederhana mencium aroma tubuhnya.

Meski terdengar (dan mungkin juga terlihat) aneh, tapi nyatanya berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Personality and Social Psychology dari American Psychological Association, menemukan bahwa tingkat stres wanita berkurang setelah mencium aroma tubuh pasangan atau mencium baju yang biasa dikenakan pasangan, meski pasangannya sedang tidak berada di dekatnya.

Studi lain yang dilakukan di Universitas British Columbia, Kanada, juga menemukan hal serupa. Wanita yang diberikan aroma tubuh pasangan mengalami penurunan kadar hormon kortisol (dikenal juga sebagai hormon stres).

Nah, lain kali jika anda sedang stres, cobalah hampiri pasangan dan cium aroma tubuhnya. Atau ketika anda sedang di luar kota atau di luar negeri tanpa pasangan, bawalah pakaiannya jaga-jaga anda mengalami stres.

2. Memelihara ikan

Apakah Anda pernah merasakan ketenangan saat memandangi ikan-ikan yang berenang mengibaskan sirip dan ekornya di akuarium atau kolam? Jika ya, Anda tidak sendirian. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Environment and Behavior, melihat ikan yang berenang di akuarium atau kolam dapat menciptakan perasaan nyaman dan tenang.

Pada studi tersebut, reaksi psikologis responden diteliti setelah melihat ikan yang berenang di aquarium. Hasilnya, setelah 5 menit para partisipan studi mengalami penurunan tekanan darah dan suasana hati pun membaik. Efek ini akan meningkat jika ukuran akuarium atau kolam lebih besar, atau jumlah ikan yang lebih banyak.

3. Berkebun

Anda punya halaman atau kebun di rumah? Coba manfaatkan area tersebut dengan menghias dan memenuhinya dengan tanaman hijau dan bunga. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2017, ditemukan bahwa wanita yang menatap bunga mawar segar selama 3 menit mengalami peningkatan mood (menjadi lebih bahagia) dan berkurang kadar stresnya.

Masih juga dari jurnal yang sama, ada juga sebuah studi yang menemukan bahwa paparan terhadap tanaman dapat menangkal stres dan depresi.

4. Makan cokelat

Banyak orang yang tak bisa menolak kenikmatan cokelat. Makanan yang satu ini memang merupakan favorit segala usia. Jika Anda salah satunya, beruntunglah karena berdasarkan studi yang dipublikasikan di The Journal of Proteome Research, konsumsi dark chocolate dapat membantu menurunkan kadar stres.

Sedangkan pada penelitian lain yang diterbitkan di European Heart Journal pada tahun 2010, menemukan bahwa makan cokelat, terutama dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah seseorang.

Kandungan antioksidan polifenol yang terkandung dalam cokelat memiliki berbagai manfaat kesehatan, yang salah satunya adalah mengurangi stres. Para ahli merekomendasikan konsumsi cokelat yang kandungannya minimal 70 persen. Jangan lupa, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

Ada banyak hal yang dapat membantu anda mengelola dan mengurangi stres. Tak harus mendapatkan perawatan tubuh ke spa atau mahal-mahal membeli tiket ke luar negeri, ada banyak hal-hal sederhana yang dapat menghilangkan stres seperti yang disebutkan di atas.

Stres yang berkepanjangan dapat memicu datangnya berbagai penyakit, baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk mampu mengelola stres dengan baik. Imbangi juga dengan pola hidup sehat agar manfaat kesehatan yang anda rasakan dapat optimal.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga