Idap Steven Johnson Syndrome, Tubuh Bocah Asal Agam Melepuh Usai Minum Obat dari Klinik

Idap Steven Johnson Syndrome Tubuh Bocah Asal Agam Melepuh Usai Minum Obat dari Klinik Ebil saat mendapat perawatan medis di RS Ibnu Sina Bukittinggi. Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Diduga mengidap Steven Johnson Syndrome, tubuh Ebil (14) remaja asal Agam, Sumatera Barat (Sumbar) yang tinggal di Bangkaweh, Kecamatan Banuhampu tiba-tiba melepuh usai mengkonsumsi obat.

Kejadian bermula ketika Ebil yang duduk di bangku kelas 3 di SMP N 3 Bukittinggi hendak mengikuti ujian nasional beberapa waktu lalu mengalami demam, kemudian sang ayah memintakan obat ke klinik di kawasan Padang luar, Agam untuk anaknya supaya anaknya bisa mengikuti ujian nasional. 

Ayah Ebil, Ismail (47) kepada Covesia.com, Jumat (4/5/2018) mengatakan sebelum mengikuti ujian Ebil mengalami demam dan membawa anaknya ke klinik tersebut untuk meminta obat agar Ebil bisa mengikuti ujian dan di hari ke empat Ebil mulai terasa sakit lagi dan obat pun ditambah.

"Usai menambah obat dan meminumnya pada malam harinya tiba-tiba mulut Ebil bengkak dan melepuh, hingga ke wajah dan matanya pun ikut bengkak dan penglihatannya mulai kabur," ungkapnya. 

Karena khawatir dan cemas dengan kondisi anaknya Ismail pun membawa Ebil ke rumah sakit Ibnu Sina, Bukittinggi.

"Ketika di cek oleh dokter di UGD ia mengatakan Ebil mengalami alergi obat dan harus dirawat," katanya. 

Ismail menyebutkan, setelah dirawat inap dokter spesialis kulit yang menangani Ebil mengatakan bahwa dalam tubuh Ebil terdapat virus. 

"Jadi ketika Ebil diberi obat antibiotik, virus yang ada dalam tubuhnya menolak sehingga menyebabkan sekujur tubuh Ebil melepuh," terangnya. 

Menurut dokter, tambah Ismail diduga Ebil mengalami penyakit langka yang disebut Steven Johnson Syndrome, dimana dua orang anak dari 100 anak bisa terjangkit penyakit tersebut.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga