Ahmad Dhani Akui Semua Dakwaan Adalah fakta

Ahmad Dhani Akui Semua Dakwaan Adalah fakta

Covesia.com - Musisi Indonesia Dhani Ahmad Prasetyo atau Ahmad Dhani terdakwa ujaran kebencian mengakui semua dakwaan adalah fakta. Namun, Dhani mengatakan akan perdebatkan apakah terdapat unsur tindak pidana dalam fakta tersebut.

"(Dakwaannya) Benar. Apa yang dikatakan semuanya benar. Fakta. Tapi apakah itu akan masuk unsur tindak pidana itu yang akan kita perdebatkan," kata Dhani.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum, Dhani disebut menyuruh saksi bernama Suryopratomo Bimo AT alias Bimo untuk mengunggah setiap tulisannya ke akun twitter miliknya @AHMADDHANIPRAST.

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Bimo digaji sekitar Rp 2 juta per bulannya. "Dia digaji Rp 2 juta per bulan oleh terdakwa. Suryo Pratomo Bimo menyalin persis yang ditulis oleh Dhani, yang dikirim melalui pesan WhatsApp," ucap jaksa.

"Saksi Suryo Pratomo Bimo melakukan perbuatan secara sengaja menyebarkan informasi menimbulkan rasa kebencian atau SARA," ujarnya.

Dalam sidang dakwaan tersebut Ahmad Dhani didakwa pasal 45 huruf A besar ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2 UU nomor 19 th 2016 juncto UU nomor 11 th 2008 tentang ITE juncto pasal 55 ayat 1 KUHP.

Ancaman hukuman yang menanti suami penyanyi Mulan Jameela itu adalah enam tahun penjara.

Kasus ini bermula saat Dhani berkicau melalui akun Twitter @AHMADDHANIPRAST yang nadanya dianggap menghasut dan penuh kebencian terhadap pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Atas kicauannya, Dhani dilaporkan oleh Jack Lapian, yang merupakan pendiri BTP Networks atas tuduhan ujaran kebencian. Dhani dianggap telah menuliskan pernyataan bersifat sarkastis pada akun Twitter-nya, @AHMADDHANIPRAST, dalam rentang waktu Februari hingga Maret 2017.

Dalam persidangan kasus yang menjerat Dhani, majelis hakim Ratmoho, Sudjarwanto, dan Totok Sapto Indrato ditunjukan untuk menangani kasus ujaran kebencian tersebut.

Sebelumnya, penyidik kepolisian telah menyerahkan lima alat bukti kepada kejaksaan. Yakni screenshoot akun Twitter atas nama Ahmad Dhani Prasetyo; satu unit HP; satu buah email beserta password; satu buah akun Twitter dengan nama ADP; dan sebuah simcard.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga