Beberapa Metode yang Digunakan untuk Atasi Patah Tulang

Beberapa Metode yang Digunakan untuk Atasi Patah Tulang Pixabay

Covesia.com - Di Indonesia, banyak beredar pengobatan alternatif yang diklaim dapat menangani patah tulang. Meski begitu, anda tetap disarankan untuk mengunjungi dokter ortopedi jika mengalami kondisi tersebut demi mendapat penanganan yang tepat.

Patah tulang (fraktur) terjadi ketika tulang dihantam oleh sesuatu yang kekuatannya melebihi kekuatan tulang itu sendiri. Sebagai contoh, patah tulang dapat terjadi ketika Anda terjatuh dari ketinggian tertentu, mengalami kecelakaan saat berkendara, cedera saat berolahraga, atau ketika tulang terhantam benda-benda keras. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit osteoporosis.

Berikut beberapa metode yang dipakai untuk mengatasi patah tulang dikutip covesia.com dari laman dokterpedia:

Memasang gips

Ini adalah penanganan paling umum yang dipakai dalam mengatasi patah tulang. Sebelum memasang gips, dokter ortopedi akan memastikan tulang anda sudah dalam keadaan sejajar. Jika belum sejajar saat dipasang gips, cedera tidak akan sembuh dengan benar.

Memakai sling atau perban khusus

Metode ini dipakai jika anda mengalami patah tulang di area yang sulit dijangkau oleh gips. Contohnya patah tulang selangka. Sling ini akan membatasi gerakan anda sehingga tulang yang bermasalah dapat tumbuh dan menyambung kembali.

Operasi

Jika tulang anda telah hancur atau patah menjadi beberapa bagian, dokter mungkin akan melakukan operasi. Dokter akan menyambung tulang-tulang tersebut dengan memasang pen atau pelat khusus.

Proses penyembuhan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu atau hitungan bulan. Itu semua tergantung dari jenis, keparahan patah tulang yang anda alami, serta kepatuhan anda dalam menjalani semua instruksi dari dokter.

Selama proses ini, kekuatan otot-otot anda pada area yang cedera kemungkinan akan melemah. Untuk mengembalikan kekuatannya, anda bisa melakukan olahraga tertentu yang disarankan oleh dokter ortopedi. Olahraga tersebut juga bisa membantu mengembalikan fleksibilitas persendian anda.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga