Begini Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Begini Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur Pixabay

Covesia.com - Bayi memiliki pola tidur yang berbeda dari orang dewasa. Ia membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat agar otaknya berkembang secara maksimal. Tidak hanya itu, hormon pertumbuhan pun bekerja saat si kecil tertidur.

Namun, tidak semua bayi dapat tidur dengan mudah dan normal. Karenanya, ada beberapa cara menidurkan bayi yang harus anda terapkan agar mudah menidurkan bayi yang kesulitan untuk tidur.

Lantas, apa yang terjadi jika bayi kurang tidur? Salah satunya berdampak pada tumbuh kembang si kecil yang menjadi lambat. Pun bisa mengakibatkan masalah psikis, seperti sulit konsentrasi, perilaku impulsif, serta menurunnya kemampuan merespons.

Penelitian John Hopkins University juga memaparkan, kurang tidur memengaruhi perkembangan fisik si kecil. Menurut studinya, bayi yang memiliki sedikit waktu istirahat memiliki resiko sebanyak 92 persen terkena obesitas. Untuk mencegah dampak buruk tersebut, anda harus mengetahui cara menidurkan bayi dengan cepat.

Berapa Lama Bayi Harus Tidur?

Durasi waktu istirahat si kecil harus disesuaikan dengan usianya. Dilansir dari situs Pregnancy Birth Baby, jam tidur bayi terdiri dari tiga kategori yang dihitung selama 24 jam.

  • Pertama, bayi berumur 0-3 bulan memakan waktu 16-18 jam untuk tidur. Biasanya, ia terbangun setiap 2-3 jam. Saat usia ini, bayi kerap bangun di malam hari. Mereka juga sensitif terhadap udara panas atau dingin.
  • Kelompok kedua adalah bayi berumur 3-6 bulan. Mereka membutuhkan waktu minimal 14 jam untuk beristirahat. Namun, si kecil mulai jarang terbangun di malam hari.
  • Kategori terakhir, yaitu bayi berusia 6 bulan ke atas. Durasi waktu tidurnya menjadi lebih sedikit, sekitar 12 jam sehari. Ketika memasuki umur ini, si kecil kerap bangun di malam hari karena suatu hal. Semisal, pertumbuhan gigi, udara panas, atau tidak nyaman dengan suasana kamar.

8 Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur Dengan Cepat

Bayi anda sulit tidur? Mungkin ada yang salah dengan cara menidurkannya. Sebagai referensi, berikut ini ada delapan trik menidurkan si kecil secara cepat dikutip covesia.com dari laman harvest supplement:

Redupkan Lampu Kamar

Tips pertama, redupkan cahaya di dalam kamar ketika anda menidurkan bayi. Jika siang hari, tutuplah jendela dengan tirai. Ketika malam, gunakan lampu tidur dan matikan penerangan utama.

Bagaimana kalau bayi lebih suka lampu terang? Sebaiknya, hindarkan kebiasaan itu dari kecil. Penerangan yang terlalu menyilaukan bisa berdampak buruk pada penglihatan buah hati anda.

Berikan ASI sebelum Tidur

Cara ini bisa anda lakukan ketika bayi masih berumur di bawah 12 bulan. Biasanya, si kecil sulit tidur karena lapar. Satu-satunya cara supaya ia tidur nyenyak adalah dengan memberikan ASI.

Hindari Mengubah Posisi Tidur Bayi

Bayi berumur di bawah 3 bulan biasanya ditidurkan dengan posisi telentang. Jika ia sudah terlelap, upayakan jangan menggeser letaknya. Si kecil mungkin terbangun karena sentuhan anda.

Namun, anda boleh mengubah posisi bayi manakala membahayakan keselamatannya. Semisal, ia bergeser sendiri ke tepi tempat tidur atau satu tangannya tertindih guling.

Dilansir dari HealthyChildren, posisi tidur terbaik untuk sang bayi adalah posisi terlentang. Posisi ini dapat mencegah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak yang umumnya terjadi pada bayi usia dibawah 1 tahun.

Bacakan Dongeng atau Nyanyikan Lagu

Saat menidurkan bayi, upayakan tidak mengajaknya bersenda gurau maupun mengobrol. Sebagai ganti, anda bisa membacakan cerita, dongeng, atau menyanyikan sebuah lagu. Jika si kecil terbiasa mendengar musik tertentu, putarlah ketika ia akan tidur. Cara ini juga dapat membantu si kecil agar cepat tertidur.

Ciptakan Suasana Tenang

Beberapa bayi yang sulit tidur siang karena suasana yang tak tenang. Suara berisik di sekitarnya kerap mengganggu kenyamanan si kecil. Jadi, pastikan letak kamar si kecil berada di ruang tengah agar ia tidak terganggu suara kendaraan.

Suhu Kamar yang Sejuk

Bayi sangat peka dengan udara panas ataupun dingin. Saat panas, ia kerap meminta keluar dari kamar. Sebaliknya, cuaca dingin membuat si kecil enggan tidur. Jadi, kamar harus bersuhu sejuk agar bayi merasa nyaman.

Memandikan Bayi Sebelum Tidur

Tips berikutnya adalah memandikan bayi sebelum tidur. Setelah mandi, si kecil akan merasa lebih nyaman. Dengan demikian, anda mudah untuk menidurkannya.

Biasakan Tidur Tepat Waktu

Setiap bayi memiliki jam tidur berbeda-beda. Ada yang terbiasa tidur siang, beberapa justru tidak melakukannya. Meski begitu, anda harus membuat si kecil tidur dengan disiplin.

Sebagai contoh, si bayi biasa tidur setiap pukul enam sore. Berarti anda harus menidurkannya tepat di waktu tersebut. Jangan sesekali mengubah jam tersebut karena bisa menyebabkan si kecil susah tidur.

Itulah ulasan seputar cara menidurkan bayi yang susah tidur dengan cepat dan baik. Meski tips tersebut dapat diterapkan pada semua bayi, anda juga harus memperhatikan karakternya. Hal itu karena ada bayi yang terbiasa tidur lelap dan disiplin dalam kondisi apa pun. Sementara beberapa bayi lain justru membutuhkan suasana khusus agar bisa tidur.

(sea0

Berita Terkait

Baca Juga