Ternyata Kandungan Inilah yang Bikin Orang Jadi Ketagihan Makan Mie Instan

Ternyata Kandungan Inilah yang Bikin Orang Jadi Ketagihan Makan Mie Instan Pixabay

Covesia.com - Siapa sih yang tak doyan mie instan? Mie instan masih menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Rasanya yang enak bahkan bisa membuat kita sering-sering mengonsumsinya. Hanya saja, banyak orang yang tidak menyadari bahan-bahan apa saja yang ada di dalam mie instan ini.

Menurut pakar kesehatan dikutip covesia.com dari laman doktersehat, di dalam mie instan kita bisa menemukan kandungan tepung, garam, minyak, bumbu perasa, dan monosodium glutamate (MS).

Tingginya kadar garam, bumbu perasa, dan MSG inilah yang membuat mie instan memiliki rasa yang sangat enak. Yang menjadi masalah adalah, mengonsumsi berbagai kandungan ini dalam jumlah yang tinggi dan frekuensi yang sering bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Di dalam sebungkus mie instan yang kita konsumsi, kita tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup, yakni hanya berupa 1 gram serat dan 4 gram protein. Padahal, kedua nutrisi inilah yang bisa membuat perut terasa kenyang. Karena alasan inilah kita cenderung mudah kembali lapar setelah makan mie instan.

Kandungan MSG dalam mie instan yang cukup tinggi memang bisa membuat kita merasakan sensasi kenikmatan saat menyantapnya. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi MSG dalam jumlah tinggi ikut berandil dalam kenaikan berat badan, tekanan darah, hingga risiko untuk terkena mual-mual dan nyeri kepala.

Kandungan garam yang tinggi dalam mie instan juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya pada organ kardiovaskular atau pada organ ginjal.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sering-sering mengonsumsi mie instan meskipun memiliki rasa yang enak. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang agar berbagai kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi dan tubuh pun terjaga kesehatannya.

Jika ingin mengonsumsi mie instan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menggunakan seluruh bumbunya dan menambahkan beberapa macam sayuran atau lauk seperti telur dan daging ayam agar kita bisa mendapatkan kandungan nutrisi lainnya.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga