Cuci Piring Bisa Redakan Rasa Kesal dan Kecewa, Kok Bisa?

Cuci Piring Bisa Redakan Rasa Kesal dan Kecewa Kok Bisa Pixabay

Covesia.com - Bagi sebagian orang, mencuci piring merupakan kegiatan yang membosankan. Tapi, tahukah anda bahwa dibalik rasa bosan mencuci piring ternyata bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan dapat mengatasi stres dengan signifikan.

Dikutip covesia.com dari laman dokterpedia, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Adam Hanley dan rekan-rekannya dari Florida State University, Amerika Serikat, mengungkapkan ada sebuah fakta menarik tentang mencuci piring. 

Adam menyebutkan bahwa mencuci piring ternyata bisa memberikan efek yang mirip seperti meditasi. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan kita untuk memusatkan perhatian pada emosi dan pikiran saat melakukannya.

Fakta menarik ini terungkap setelah Adam dan rekan-rekannya melibatkan 51 siswa dalam penelitian ini. Selama penelitian, ditemukan fakta menarik dimana saat mencuci piring, para siswa ini secara sadar akan memusatkan perhatiannya pada bau sabun, suhu dari air yang mengalir dari keran, dan setiap unsur dari piring atau gelas yang dicuci seperti tekstur, bahan, dan lain sebagainya.

Hasilnya adalah, 27 persen dari para siswa yang sebelumnya merasa gugup menurunkan perasaan tersebut dengan signifikan meskipun secara perlahan-lahan.

Adam menyebutkan bahwa dengan mencuci piring dengan penuh kesadaran, perhatian, serta pengaruh positif yang maksimal, maka berbagai masalah mental seperti saat sedang marah, stress, atau kecewa bisa diatasi dengan efektif.

Melihat adanya fakta ini, tidak ada salahnya untuk segera menuju ke dapur, melihat cucian piring yang menumpuk, dan segeralah mencucinya jika mengalami rasa kecewa atau kesal karena aktifitas ini ternyata bisa mengatasi emosi negatif tersebut dengan baik.

.(sea)

Berita Terkait

Baca Juga