Sosok Rifdah Farnidah, Juara Hafal Al Quran Sedunia Non Arab

Sosok Rifdah Farnidah  Juara Hafal Al Quran Sedunia Non Arab Foto: Anies Baswedan/facebook

Covesia.com - Rifdah Farnidah, gadis berusia 22 tahun yang baru kembali dari Yordania untuk mengikuti Musabaqah Hifdzil Quran sedunia. Dalam kompetisi itu, Rifdah Farnidah berhasil meraih juara II.

Rifdah menjadi satu-satunya juara yang bukan berasal dari negara Timur Tengah. Gadis asal Sumedang, Jawa Barat ini menjadi wakil Indonesia yang bersaing dengan 29 peserta dari negara lain.

Rifdah sukses bertengger dengan perwakilan dari Aljazair yang meraih juara pertama serta perwakilan Iran yang juara tiga. Prestasi Rifdah ini langsung mendapat apresiasi luar biasa dari para tokoh agama dan politisi di Tanah Air.

Satu di antaranya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam unggahan di akun Facebook miliknya, Anies Baswedan mengungkap telah mengundang Rifdah dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota Jakarta

Atas prestasinya yang membanggakan, Anies Baswedan mengundang Rifdah untuk hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota (29/3/2018). Rifdah hadir dengan didampingi ibu dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah. Hj. Mutmainnah adalah dosen di Institut Ilmu Al Quran.

Jadi, siapakah Rifdah Farnidah ini?

3 Kali juara pertama MTQ nasional, 1 kali juara kedua MHQ internasional

Rifdah merupakan seorang hafidzah yang sudah membawa nama Indonesia ke kompetisi tingkat internasional. Perempuan 22 tahun asal Sumedang itu baru meraih juara dua Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) internasional yang digelar di Amman, Yordania. Dalam kompetisi tersebut, Rifdah bersaing dengan 29 peserta dari 28 negara. Peserta lainnya berasal dari negara-negara Asia, Afrika, sampai Eropa.

Sebelum meraih kemenangan di Yordania, Rifdah memenangkan MHQ tingkat nasional sebanyak tiga kali. Rifdah sudah juara 1 MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat tahun 2012, juara 1 MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat tahun 2016, dan juara 1 MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat pada tahun 2017. Dia berpartisipasi dalam kompetisi sebagai perwakilan Jakarta.

Hafidzah mutqin, hafal 30 juz tanpa membuka mushaf

"Rifdah adalah seorang hafidzah yang mutqin," cerita Anies di Facebook (30/3/2018). Ini berarti Rifdah bisa melafalkan ayat-ayat Alquran yang manapun dengan lancar tanpa membuka mushaf. Hal tersebut dibenarkan oleh Hj. Mutmainnah.

Dalam acara silaturahmi, RIfdah diminta untuk maju membacakan surat Al Hasyr ayat 18-24. Lantunan ayat-ayat yang merdu dari bibirnya membuat para hadirin takzim. Beberapa di antaranya bahkan terlihat meneteskan air mata.

Dihadiahi naik haji dan diangkat anak ulama Makkah

Dalam acara silaturrahmi tersebut juga hadir Syekh Khalid Al Hamoudi, seorang ulama dari Mekkah mengungkap kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah. Tak disangka-sangka, Syekh Khalid Al Hamoudi memberikan hadiah berupa ibadah haji kepada Rifdah, sang ibunda serta pembimbing Rifdah dan suaminya.

"Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya," ungkap Syekh Khalid Al Hamoudi.

Tak sampai di situ, Rifdah juga resmi menjadi anak angkat Syekh Khalid. Hal tersebut disampaikan langsung Syekh Khalid di depan tamu yang datang.

"Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Quran dalam berbagai qiroat. Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga," lanjut Syekh Khalid.

Mengenai prestasi Rifdah yang membanggakan, Hj. Mutmainnah berharap agar anak didiknya itu terus mengembangkan diri untuk mencapai ilmu yang lebih tinggi.

"Jangan puas sampai di sini saja, pelajari terus Alquran karena samudra Alquran sangat luas. Hafalan Alquran yang mutqin menjadi pintu gerbang untuk mengarungi samudera Alquran," tuturnya.

(sea)

Baca juga: Rifdah Farnidah, Satu-satunya Juara Hafal Al Quran Sedunia Non Arab

Berita Terkait

Baca Juga