5 Cara Atasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan

5 Cara Atasi Anak yang Suka Pilihpilih Makanan Ilustrasi

Covesia.com - Apakah snak snda termasuk yang sulit makan? Jika anak sulit atau pilih-pilih makanan biasanya kita tentu sangat khawatir. Padahal pada dua tahun awal usia anak adalah masa-masa penting dimana anak harus terpenuhi kebutuhan gizinya.

Menurut data dari WebMD dikutip covesia.com dari laman doktersehat, hampir 20-50% anak di Amerika termasuk anak yang pilih-pilih makanan, dimana umumnya anak hanya menyukai makanan yang terasa gurih asin saja, seperti ayam goreng, sosis dan nugget. Selain itu beberapa anak juga menunjukkan kemauan mengonsumsi sayur dan buah tertentu saja misalnya hanya tomat dan atau pisang saja.

Untuk itu kita harus segera mengatasinya dengan tepat agar asupan berbagai zat gizi dapat diserap oleh tubuh anak dengan baik. Menurut Mayo Clinic ada 5 cara mengatasi anak yang sulit makan, yaitu:

Mencoba mengikuti waktu lapar anak

Kita harus memerhatikan pada berapa jam sekali anak merasa lapar, jika sebelumnya kita memberikan makanan atau camilan setiap 2 jam sekali dan anak menolak makan. Maka coba berikan pada 3-3,5 jam sekali.

Berikan waktu khusus untuk beberapa jenis camilan

Agar anak terbiasa dengan suatu jenis camilan, kita bisa membiasakan memberikan suatu camilan pada jam tertentu misalnya jus buah pada pukul 10 pagi.

Tidak memaksa anak menyukai makanan baru

Anak memerlukan waktu untuk mengenal rasa dan tekstur baru dari suatu jenis makanan, coba memberikan makanan tersebut 2-3 x dalam seminggu agar anak terbiasa.

Jangan mengubah jenis menu dengan cepat

Jika anak menolak makan, biasakan untuk anak tetap makan hingga habis pada satu jenis makanan yang sama. Bukan memberikan jenis makanan baru. Hal ini yang menyebabkan anak menganggap makanan yang sebelumnya tidak enak dan boleh tidak dikonsumsi.

Menyajikan dalam bentuk yang menarik

Agar anak semangat saat makan pemberian makanan dalam bentuk yang mudah ia pegang atau telan akan sangat membantu anak untuk ikut makan sendiri.

Penerapan kelima cara diatas memang tidak mudah tapi merupakan langkah yang tepat agar asupan makanan ke tubuh anak tetap bervariasi agar kebutuhan gizinya tetap tercukupi.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga