Moms, Hindari 3 Makanan ini Saat Anak Anda Susah Makan

Moms Hindari 3 Makanan ini Saat Anak Anda Susah Makan Ilustrasi

Covesia.com - Moms, apakah anak anda saat ini lagi susah sekali untuk makan? Anak yang susah makan disebabkan banyak hal, seperti nafsu makan anak yang rendah, pemberian makan yang keliru atau pilihan makanan yang tidak cocok. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Anak yang berusia diatas satu tahun umumnya sudah mulai belajar makan dan mengenal jenis makanan. Pada fase ini kita harus pintar dalam memanfaatkan kesempatan dimana anak masih baru mengenal berbagai rasa dan jenis bahan makanan yang baru. Untuk itu pengenalan makanan harus dilakukan dengan tepat.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat anak baru belajar makan. Hal ini disebabkan anak masih harus belajar mengenal rasa dari berbagai makanan lain. Jika asupan ketiga bahan makanan ini berlebihan maka anak menjadi sulit makan.

Menurut British Dietitian Association, 3 makanan yang harus dihindari saat anak baru belajar makan adalah dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

Makanan atau minuman yang tinggi gula

Makanan yang terasa sangat manis seperti kue manis, es krim, cokelat, camilan dengan gula, minuman manis memang memiliki banyak energi namun tidak kaya zat gizi. Selain itu rasa manis yang terlalu kuat akan membuat rasa dari bahan makanan lain atau masakan terasa hambar. Sehingga anak menolak untuk makan masakan buatan sendiri. Asupan makanan manis yang berlebihan juga menyebabkan masalah kesehatan lain pada anak seperti kerusakan gigi dan kegemukan.

Makanan yang tinggi garam

Ada berbagai jenis olahan makanan atau camilan kemasan yang kaya akan garam atau natrium. Rasa gurih yang ditimbulkan akan menyebabkan anak merasa ketagihan dengan rasa tersebut. Sama dengan rasa manis, rasa gurih yang kuat akan mengalahkan rasa masakan buatan sendiri. Hal ini akan menyulitkan dalam pemeberian makan yang sehat pada anak.

Makanan yang mengandung banyak minyak

Lemak dari minyak memang dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhannya, namun asupan yang berlebihan juga tidak dianjurkan untuk anak. Minyak juga menimbulkan rasa gurih pada makanan sehingga anak menolak makanan buatan sendiri. Selain gula, minyak juga merupakan penyebab kegemukan pada anak.

Ketiga bahan makanan diatas sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan untuk anak, hal ini untuk mencegah anak menjadi sulit makan. Jika anak tidak sulit makan, maka asupan gizi dari bahan makanan tentu akan mudah tercukupi kan?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga