Ini Lho 3 Gaya Renang yang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Ini Lho 3 Gaya Renang yang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Pixabay

Covesia.com - Bagi anda malas melakukan diet ekstrem untuk mendapatkan berat badan ideal, maka ada baiknya mencoba metode diet baru dengan olahraga renang. Ya, renang adalah salah satu cabang olahraga yang memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh.

Salah satu manfaat renang yang dipercaya sampai saat ini adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Dan tahukah anda jika renang ternyata juga ampuh untuk menurunkan berat badan?

Renang merupakan aktivitas yang menggunakan hampir seluruh jaringan otot pada tubuh. Maka dengan begitu aktifnya seluruh otot tubuh, semakin besar pula kalori yang terbakar. Maka dari itu, renang adalah salah satu olahraga yang dipercaya bisa menurunkan berat badan. Jika anda ingin memulainya, cobalah 3 gaya renang berikut yang bisa menurunkan berat badan secara optimal, dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

1. Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu dalam renang merupakan gaya yang dianggap paling berat karena melibatkan hampir seluruh otot inti pada tubuh. Salah satu otot yang dimaksimalkan adalah lastisimus dorcii atau otot besar pada bagian punggung, baik sisi kanan, kiri, maupun tengah.

Selain itu, otot paha, panggul, serta bahu juga dituntut untuk bekerja keras dengan renang gaya kupu-kupu. Itulah mengapa gaya renang ini diakatakan ampuh dalam mengurangi berat badan karena banyak kalori yang terbakar dari hampir seluruh bagian tubuh.

2. Gaya Punggung

Dalam renang, gaya punggung adalah satu-satunya gaya yang dilakukan dengan posisi tubuh terlentang. Untuk melakukan gaya ini, tubuh dituntut seimbang sehingga secara sadar, seluruh otot yang berada di punggung akan ikut bekerja.

Dilansir dari American Heart Association, pergerakan otot pada saat berenang akan mengurangi risiko penyakit dan bisa menurunkan berat badan secara cepat. Namun, ada waktu minimal yang diperlukan, yakni sekitar 30 menit dalam sekali latihan.

3. Gaya Bebas

Gaya bebas adalah salah satu gaya renang yang melibatkan hampir seluruh otot pada tubuh, khususnya tangan, panggul, dan kaki. Tangan dan kaki dituntut bekerja lebih keras pada gaya ini. Dengan dituntut bekerja lebih keras, tentu saja pembakaran kalori yang terjadi semakin besar pula.

Dari hasil riset yang telah dilakukan, gaya bebas bisa membakar 100 kalori setiap 10 menitnya. Jadi, semakin lama anda berlatih, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga