Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat Ilustrasi- (antara)

Covesia.com- Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes berharap agar semua lapisan masyarakat perlu menjalankan gaya hidup sehat untuk menjaga agar ginjalnya tetap sehat.

“Ini harus didukung dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang (rendah gula, garam, lemak dan tinggi serat), kontrol tekanan darah dan kadar gula darah, minum air putih minimal 2 liter per hari dan tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan, serta tidak merokok,”  kata dr. Anung Sugihantono, M.Kes, saat membuka Forum Diskusi Dialisis dalam rangka Hari Ginjal Sedunia 2018 di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Dalam pencegahan penyakit ginjal kronis, kata Anung, Kemenkes terus berupaya dalam tahapan perubahan perilaku masyarakat yang kita sebut dengan perilaku cerdik.

Menurut dia, upaya promotif preventif melalui perilaku CERDIK adalah kepanjangan dari lima aktifitas yakni Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress.

Selain itu, ada tiga upaya lain yang juga tidak boleh dilupakan yaitu, upaya preventif melalui self awareness berupa pengukuran berat badan, tekanan darah dan pemeriksaan gula darah secara rutin atau minimal 1 kali dalam setahun di pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM) atau di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Selain itu, upaya kuratif dan rehabilitatif melalui penguatan pelayanan kesehatan, baik itu berupa layanan Haemodialisis (HD), Peritoneal Dialysis (PD), maupun transplantasi ginjal.

“Perlu kerja sama lintas sektor untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat melalui edukasi mengenai pencegahan penyakit kronis, khususnya penyakit ginjal kronis kepada masyarakat umum, serta menguatkan ketersediaan jaminan kesehatan dan akses pelayanan kesehatan yang memadai”, ujar dia.

 (jon)

Berita Terkait

Baca Juga