Begini Cara Agar Tidak Terinfeksi Bakteri Listeria Pada Melon

Begini Cara Agar Tidak Terinfeksi Bakteri Listeria Pada Melon Pixabay

Covesia.com - Belakangan beredar berita tentang bakteri listeria yang mencemari buah berjenis rock melon dari Australia yang memicu kehebohan. Meskipun buah ini tidak diimpor langsung ke Tanah Air, ada kekhawatiran jika buah melon di Indonesia juga ada yang terpapar bakteri listeria.

Dikutip covesia.com dari laman doktersehat, hari Sabtu (3/3/2018) lalu telah ada 15 orang yang dilaporkan terinfeksi bakteri listeria setelah makan melon. Bahkan, laporan terbaru menyebutkan bahwa 4 orang meninggal dunia akibat mengonsumsi buah yang sudah tercemar.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertanian sudah melakukan tindakan untuk mengawasi masuknya buah melon dari Australia demi mencegah masalah yang sama terjadi di Indonesia. Sebagai contoh, buah-buahan yang diimpor dari negara lain kini dicek dengan lebih ketat demi memastikan apakah sudah terpapar bakteri berbahaya atau tidak.

Dr. H.M. Subuh, MPMM, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dari Kemenkes menyebutkan bahwa gejala dari infeksi bakteri listeria adalah demam tinggi, mual-mual, sakit perut, diare, tubuh pegal-pegal, dan sakit kepala yang sangat parah. Gejala ini bisa muncul segera setelah mengonsumsi buah yang sudah tercemar bakteri atau muncul dua bulan setelahnya.

Demi mencegah infeksi karena bakteri mematikan ini, ada baiknya kita melakukan berbagai tips berikut ini.

  • Pastikan untuk mencuci buah dengan air yang mengalir. Buah yang sudah dikupas juga sebaiknya tetap dicuci.
  • Gosoklah kulit dari buah-buahan yang akan kita makan saat mencucinya. Setelahnya, keringkan buah-buahan tersebut dengan kain bersih.
  • Pisahkan buah-buahan dengan bahan makanan lain seperti daging mentah, sayuran, dan makanan yang sudah matang.
  • Selalu cuci dengan bersih peralatan memasak, khususnya yang dipakai untuk memotong. Selain itu, ada baiknya kita membedakan pisau untuk memotong daging dan memotong buah.
  • Selalu cuci tangan sebelum makan dan sebelum mengolah makanan, termasuk mengolah buah.

Untuk sementara ini, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam membeli buah melon, khususnya yang berjenis rock melon atau cantaloupe yang diimpor dari luar negeri demi mencegah infeksi bakteri listeria.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga