Ada Banyak Manfaat Kipas Angin yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ada Banyak Manfaat Kipas Angin yang Mungkin Belum Anda Ketahui foto: iprice

Covesia.com - Kipas angin merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk menghasilkan angin guna mendinginkan udara, serta memberikan efek menyegarkan di saat udara terasa panas. Selain itu, kipas angin juga dapat bertindak sebagai exhaust fan serta alat pengering.

Tahukah anda kalau ternyata Kipas angin telah ditemukan sejak beribu-ribu tahun lamanya, yaitu sekitar 4000 tahun lalu di dalam makam raja mesir bernama Raja Tutankhamen pada tahun 1922. Pada awalnya kipas digunakan dalam upacara keagamaan di Mesir kuno, sehingga kipas dianggap sebagai barang sakral.

Sebuah kipas juga dianggap sebagai sebuah lambang yang menggambarkan kekuatan seorang raja. Seiring dengan kemajuan zaman, kipas diproduksi di Eropa, yaitu di Italia pada tahun 1500. Hal itu menjadikan kipas angin sebagai salah satu komoditi perdagangan dunia yang eksotis yang stylish.

Nah, untuk kipas angina zaman sekarang secara umum terdiri dari 2 yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin konvensional. Kalau tradisional, menggunakan tenaga namun untuk kipas angin konvensional bermakna kipas angin yang digerakkan dengan motor listrik.

Dari kipas angin yang konvensional itu, ada banyak manfaat-manfaat yang bisa anda dapatkan. Apa saja itu? Ini nih jawabannya, dikutip covesia.com dari laman iprice:

Dapat meningkatkan sirkulasi udara

Pemasangan kipas angin baik itu kipas angin yang diletakkan pada dinding, lantai, meja, maupun langit-langit dapat membantu memberikan kenyamanan pada sebuah ruangan. Ia dapat membantu peningkatan sirkulasi udara pada ruangan yaitu dengan mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan lebih segar dari luar ruangan.

Menghasilkan udara yang sehat

Meskipun hanya bersifat memberikan efek udara dingin pada ruangan, namun jika dibandingkan dengan penggunaan AC, penggunaan kipas angin dirasa lebih menyehatkan. Saat menggunakan AC, ruangan harus tertutup sehingga udara yang ada hanya mencakup ruangan tersebut, sedangkan dengan kipas angin bis diterapkan pada ruangan yang terbuka, sehingga tetap bisa terjadi pergantian udara. Hal inilah yang sering menimbulkan efek penularan berbagai jenis penyakit seperti flu bagi mereka yang lebih memilih menggunakan Air Conditioner dalam ruangan.

Bisa lebih hemat

Sebuah kipas angin yang dipasang pada langit-langit ruangan hanya membutuhkan daya sekitar 75 watt. Lain halnya jika sebuah ruangan menggunakan AC, ia akan membutuhkan daya yang lebih besar, dimana perbandingannya mencapai 1:10.

Menghindarkan bau pengap pada ruangan

Saat memasuki ruangan tertutup yang menggunakan AC, akan terasa sangat berbeda dengan memasuki ruangan terbuka yang hanya menggunakan kipas angin saja. Udara dalam ruangan yang ber-AC terasa lebih pengap. Hal ini terjadi karena tidak adanya sirkulasi udara dari luar ruangan. Sedangkan ruangan yang menggunakan kipas angin akan terasa lebih segar dan nyaman karena udara dalam ruangan bisa mengalami pergantian dengan udara baru yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga