Studi: Resiko Depresi Lebih Sering Dialami Orang Single Dibandingkan Mereka yang Menikah

Studi Resiko Depresi Lebih Sering Dialami Orang Single Dibandingkan Mereka yang Menikah Ilustrasi (Foto: pixabay)

Covesia.com - Memutuskan untuk menikah merupakan suatu pilihan yang besar dalam hidup seseorang, baik laki-laki maupun perempuan. Tapi tahukah kamu bahwa menikah baik untuk kesehatan raga maupun psikologis.

Memang, sering pasangan merasakan stress pada saat menjelang hari pernikahan, mulai dari menentukan hari yang tepat, menyiapkan pesta sampa persiapan mental untuk maju kebabak baru dalam kehidupan.

Dalam sebuah studi menyebukan bahwa  seseorang yang menikah dengan orang yang tepat akan jauh dari stress tidak hanya itu ia akan jauh dari penyakit hipertensi dan kolestro tinggi.

Kenapa demikian? Covesia.com kutip dari laman Daily Mail, Selasa (13/2/2018) menyebutkan bahwa pada dasarnya manusia adalah makluk sosial yang dari dahulunya terbiasa hidup berkelompok dan di dunia saat ini begitu banyak tekanan-tekanan dan tuntutan, maka masuk akal ketika seseorang membutuhkan tempat untuk bersandar dan berbagi masalah.

Pada tahun 2010, Organisasi Kesehatan Dunia pun menumukan bahwa resiko depresi lebih sering dialami oleh orang-orang yang single dibandingkan dengan mereka yang sudah menikah.

Tidak hanya itu, Tahun lalu, Aston Medical School di Birmingham merilis rincian penelitian yang dilakukan selama 13 tahun dengan sejuta koresponden menyimpulkan bahwa menikah lebih baik untuk kesehatan seeorang dibandingkan lajang.

Peneliti menemukan bahwa salah satu alasan menikah baik untuk kesehatan adalah dorongan yang diterima setiap pasangan mereka untuk makan dan hidup lebih sehat, berolah raga cukup dan meminum obat.

Sehingga tak mengherankan seseorang terlihat lebih segar dan sehat ketika sudah menikah.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga