Tak Hanya Kopi Luwak, 5 Kopi ini Wajib Anda Coba

Tak Hanya Kopi Luwak 5 Kopi ini Wajib Anda Coba Pixabay

Covesia.com - Indonesia memang terkenal dengan segala jenis kulinernya yang sangat enak. Banyak makanan dan minuman asal nusantara digemari orang-orang dari berbagai belahan dunia. 

Kopi luwak merupakan salah satu ragam kuliner yang ikonik di Indonesia. Kopi yang konon paling mahal di dunia ini dibuat dengan proses yang sangat unik, diproses dari kotoran hewan bernama Luwak yang hidup liar atau di perkebunan kopi.

Jadi proses awalnya, luwak akan memakan buah kopi yang ada di perkebunan. Setelah itu tentu saja si luwak akan buang air, kan? Nah, kotoran dari luwak itu dikumpulkan dan dikeringkan untuk menyaring biji kopi yang tidak terurai. Setelah dibersihkan, biji kopi dari dijemur sebelum diproses menjadi sebuah kopi.

Unik, sebuah kopi dari kotoran binatang bisa jadi kopi termahal di dunia. Tapi jangan salah, ternyata masih ada kopi-kopi unik lainnya di dunia. Inilah beberapa kopi-kopi unik tersebut. Apa saja itu? Berikut covesia.com mengulasnya dari laman iprice:

Kopi Mentega

Sekitar dua tahun yang lalu, kopi mentega sempat menjadi sangat populer di Singapura dan Tibet. Jadi orang-orang akan memasukkan beberapa sendok mentega atau minyak ke dalam kopi mereka. Kamu boleh coba juga, tapi jangan sampai ketagihan. Perlu kamu tahu, segelas kopi mentega ini mengandung 500 kalori.

Perlu kamu tahu, segelas kopi mentega ini mengandung 500 kalori

Kopi Burung Jacu

Mencoba peruntungan dengan cara yang sama, Brazil juga menggunakan burung jacu sebagai mediator. Proses yang dilakukan juga sama hingga kepada pembuatan kopi yang siap diminum. Konon katanya burung jacu itu sangat pemilih dan hanya akan memakan biji kopi terbaik, maka kopi jacu ini juga akan terasa sedap.

Kopi Keju

Kopi keju ini berasal dari Finlandia dan memiliki nama khas Kaffeost. Proses pembuatan kopi keju ini juga cukup unik, keju akan dikentalkan dan dipanggang hingga berwarna cokelat. Setelah itu, keju dipotong dalam bentuk dadu dan dicelupkan kedalam kopi. Yah, fungsinya mungkin seperti gula yang berbentuk dadu.

Kopi Telur

Kalau jenis kopi yang satu ini sampai sekarang masih populer di Hanoi, Vietnam. Caranya, kuning telur dan susu kental manis akan dicampurkan ke dalam sebuah kopi dan menghasilkan Ca Phe Trung. Rasanya seperti sebuah custard kopi yang sangat lembut.

Monkey Spit Coffee

Kalau kamu berani mencoba kopi luwak dan kopi burung jacu, kamu juga harus mencoba kopi yang satu ini. Kopi kali ini terbuat dari campuran air liur monyet karena monyet-monyet macaque yang berasal dari Taiwan gemar menghisap buah kopi. Para petani kopi menemukan bahwa biji-biji yang sudah tercampur ludah monyet tersebut memiliki rasa vanilla yang unik. Sayangnya kopi ini masih sangat langka, walaupun di Taiwan.

Itulah beberapa jenis kopi-kopi unik yang ada di berbagai dunia. Jadi kopi jenis mana yang mau kamu coba selanjutnya?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga