Ladies, Stop Lakukan 5 Hal ini Pada Organ Intim Anda

Ladies Stop Lakukan 5 Hal ini Pada Organ Intim Anda ilustrasi

Covesia.com - Kesehatan organ intim wanita atau vagina berpengaruh pada banyak hal. Antara lain kesuburan, kehidupan seks dan kemampuan wanita dalam mencapai orgasme. Masalah pada organ intim berpeluang untuk mendatangkan penyakit, juga memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres.

Ladies, tahukah anda bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari demi menjaga kesehatan vagina. Apa saja itu? Dikuitp covesia.com dari laman dokterpedia, berikut ulasannya:

1. Memakai pantyliner setiap hari

Saat mengenakan pantyliner untuk menyerap keputihan segera setelah menstruasi Anda bukan ide yang buruk. Namun memakaipantyliner setiap hari menciptakan daerah yang hangat agar bakteri bisa berkembang.

Jadi jika Anda harus menggunaka pantyliner, ganti setidaknya setiap 4 jam untuk menghindari risiko vagina terkena infeksi bakteri.

2. Menguapi Vagina

Menguapi vagina dengan air panas dan pengobatan di rumah lainnya dapat menyebabkan bahaya lebih dari pada kebaikan.

Meskipun banyak yang berargumen hal itu untuk membantu meredakan rasa sakit haid, membersihkan area di dalam, hal ini juga bisa menyebabkan luka bakar parah/panas ke daerah intim.

3. Membasuh vagina dengan cara yang salah

Banyak wanita membasuh dengan cara yang salah setelah mereka buang air kecil. Umumnya, wanita membasuh dari belakang ke depan. Padahal, membasuh dari arah anus ke vagina bisa menyebabkan infeksi parah. 

Sebaiknya basuhlah dari depan ke belakang agar bakteri dari anus menjauh dari vagina.

4. Mengenakan pakaian dalam untuk tidur

Saat akan tidur dan tidak sedang menstruasi, sebaiknya singkirkan celana dalam Anda atau kenakan sesuatu yang sejuk agar area intim bisa bernapas. Memakai pakaian dalam, terutama celana dalam yang ketat untuk tidur, adalah cara untuk membiakkan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi.

5. Menggunakan parfum (atau douching dan krim)

Penyemprotan parfum langsung atau bahkan mendekati vagina (bahkan pada celana dalam) sangat berbahaya. Penyemprotan cologne di daerah tersebut dapat menyebabkan reaksi yang merugikan, jadi jagalah agar parfum jauh dari area kemaluan.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga