Tide Pods Challenge, Tantangan Makan Deterjen Viral di Amerika yang Berisiko Kematian

Tide Pods Challenge Tantangan Makan Deterjen Viral di Amerika yang Berisiko Kematian Tide Pod

Covesia.com - Lagi-lagi warganet diramaikan oleh tantangan atau challenge yang aneh. "Tide Pods Challenge" atau tantangan makan deterjen fenomena media sosial di Amerika Serikat yang terinspirasi dari sejumlah meme tentang orang-orang yang ingin makan deterjen kapsul berwarna warni (laundry pods).

"Tide Pod" sendiri adalah produk deterjen cair berwarna biru dan oranye yang dibuat oleh perusahaan Tide, salah satu anak usaha Procter and Gamble. Deterjen ini dibungkus dengan kapsul transparan.

Tantangan memakan Tide Pode yang dilakukan oleh para remaja kini menjadi fenomena di media sosial. Tidak jelas siapa yang memulai challenge ini. Bagi yang mau menerima tantangan, mereka harus memposting video mereka sambil makan "Tide Pod".

Tide pod tersebut mengandung deterjen yang sangat pekat yang bisa membahayakan tubuh manusia saat tertelan. Bahkan jika seseorang meludahkan cairan, masih bisa menyebabkan diare dan muntah. Dan deterjen bisa menyebabkan iritasi jika bersentuhan dengan mata atau kulit.

Aksi yang viral di Youtube ini memicu munculnya peringatan pelarangan memakan atau menelan deterjen kapsul atau laundry pods (Tide Pod Challenge) dari pusat kontrol racun Amerika dan Perusahan Procter & Gamble sebagai perusahaan induk yang mempopularkan "Tide Pod".

Dikutip covesia dari Time.com, Youtube telah mengambil langkah untuk mencabut video-video tantangan makan deterjen, Tide Pod Challenge. "Youtube's Community Guidlines melarang konten yang memicu aksi berbahaya yang dapat menyebabkan kerugian fisik," ungkap perusahaan Procter & Gamble. "Kami dengan segera menghapus video yang melanggar kebijakan kami itu."

Laporan American Association of Poison Control Centers (pusat kontrol racun Amerika) hingga 15 Januari, sebanyak 39 kasus remaja belasan tahun telah menyalahgunakan laundry pods ini. Tahun lalu sebanyak 53 kasus dan 39 kasus di tahun 2016.

Aksi berbahaya yang videonya dihapus Youtube ini juga yang memicu U.S. Consumer Product Safety Commision (Komisi Keamanan Produk Konsumsi Amerika Serikat) mem-posting tweet larangan memakan deterjen atau laundry pods (Tide Pod Challenge).

Juru bicara Protector & Gamble mengatakan, “Kami sangat prihatin dengan penggunaan deterjen cair yang disengaja dan tidak semestinya dilakukan. Dan telah bekerja sama dengan jaringan media sosial untuk menghapus konten berbahaya yang tidak sesuai dengan kebijakan mereka.

Laundry pacs dibuat untuk membersihkan pakaian, seharusnya mereka tidak memainkan itu. Apapun situasinya, walaupun dimaksudkan sebagai lelucon. Seperti halnya semua produk pembersih, mereka harus menggunakannya dengan benar dan disimpan dengan aman.

Berikut cuplikan videonya:




(sea)


Berita Terkait

Baca Juga