Tangan dan Kaki Dingin? Mungkin Itu Gejala Penyakit

Tangan dan Kaki Dingin Mungkin Itu Gejala Penyakit Ilustrasi penderita penyakit Raynaud. (sumber: chrisneillmd.blogspot.com)

Covesia.com - Tangan dan kaki sering merasa dingin? Bisa saja hal ini merupakan salah satu gejala penyakit.

Sebenarnya kulit akan tetap pada suhu yang aman, karena pembuluh darah yang mendistribusikan oksigen dan darah ke seluruh tubuh. Namun pada beberapa orang mungkin pernah mengalami reaksi dingin yang berlebihan.

Sebuah studi menemukan bahwa jenis reaksi lebih umum dialami oleh wanita. Hal ini dikarenakan tingkat esterogen, yakni hormon yang memainkan peran besar dalam mengatur suhu berfluktuasi.

Sensitivitas dingin yang lebih parah merupakan ciri dari peyakit Raynaud. Dimana ekstremitas biasanya hanya pada jari tangan dan jari kaki. Tetapi kadang-kadang juga hidung dan telinga dapat menjadi putih bahkan sampai mati rasa. Jika mengalami hal ini, sebaiknya pasang sapung tangan tambahan dan kaus kaki, serta minum obat-obatan yang dapat memperluas pembuluh darah.

Tangan dingin juga memungkinkan kepada gejala dari hipotiroidisme, lupus, diabetes, zat besi yang rendah atau kekurangan vitamin B12. Sebaiknya segera konsultasi dengan dokter dan lakukan tes yang tepat. Demikian dikabarkan Health, Sabtu (27/12/2014). (peb/zik)

Berita Terkait

Baca Juga