Rahasia Hubungan Baik Bersama Pasangan

Rahasia Hubungan Baik Bersama Pasangan Ilustrasi pasangan sehat (Foto: heatlh.com)

Covesia.com - Penelitian menunjukan hubungan yang baik dengan pasangan akan membantu terhindar dari penyakit dan bahkan membuat anda panjang umur.

Namun anda juga patut hati-hati karena hubungan yang bermasalah akan merusak kesehatan, seperti mengakibatkan stress dan melemahnya kekebalan tubuh.

"Begitu banyak faktor mempengaruhi kesehatan dari sebuah hubungan. Apakah itu perilaku untuk saling memberikan perhatian kepada pasangan, maupun berbagi gaya hidup sehat," kata psikolog Maryann Troiani

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dari hubungan yang harmonis dengan pasangan anda Seperti dialnsir dari heatlh Jumat (26/12/2014).

Meningkatkan berat badan

Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2012 menyebutkan, setelah seseorang menikah atau menajalin sebuah hubungan mereka akan mengalami peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan prasaan bahagia hidup dengan pasangannya yang mampu meningkatkan nafsu makan.

Menurunkan tingkat stress

Sebuah penelitian, yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Sexual Medicine, menemukan bahwa orang-orang yang sering berhubungan seks lebih sehat secara mental. Ini disebabkan karena mereka memperoleh kepuasan dari hubungan mereka.

Membantu memperbaiki mood

Seks tidak hanya jenis kontak fisik yang dapat menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan, namun dalam sebuah studi tahun 2004 38 pasangan, University of North Carolina, peneliti menemukan bahwa pria dan wanita yang saling berpelukan akan memiliki kadar darah oxytosin—hormon diyakini mampu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Mengurangi masalah tidur

Tidur di samping seseorang yang Anda cintai akan membuat lebih relax. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang tidak nyaman dan sering terjadi konflik akan membuat anda mengalami gangguan tidur yang berujung insomnia. Hal ini disebabkan oleh stres yang tinggi. (utr/zik)

Berita Terkait

Baca Juga